Hadapi Kemarau, Damkar Satpol PP Sukoharjo Gelar Latihan dan Cek Perlengkapan

KBRN Sukoharjo : Menghadapi musim kemarau, tim DAMKAR atau Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo mulai menggembleng diri dengan  melakukan dan latihan bersama.

Latihan yang digelar  di Alun-Alun Satya Negara, Sukoharjo sekaligus mencek peralatan dalam rangka menghadapi musim kemarau sebagai antisipasi kasus kebakaran yang diprediksi akan terjadi peningkatan.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh personil pemadam kebakaran dan juga mobil pemadam kebakaran.

Kabid DAMKAR Satpol PP Pemkab Sukoharjo, Margono mengatakan sedikitnya terdapat tiga sasaran dari hasil latihan mulai dari kesiapan armada, formasi saat terjadi kebakaran dan meningkakan kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi musim kemarau.

“ Latihan untuk personil perlu dilakukan mengingat ada potensi peningkatan kasus kebakaran saat musim kemarau,” ungkap Margono kepada RRI, Selasa (30/06/2020).

Pada latihan tersebut, juga diberikan materi untuk kebakaran di wilayah permukiman, lahan kosong, hingga lahan hutan.

“ Penguasaan medan saat memadamkan api di lahan kosong perlu dilakukan seperti sumber air, arah angin, teknis penyemprotan air, dan lainnya,” tukasnya.

Kepala Satpol PP Pemkab Sukoharjo, Heru Indarjo mengakui jika kasus kebakaran pada periode Januari-Juni 2020 turun dan hanya sekitar 24 kejadian saja.

“Meski demikian penurunan kasus untuk periode tersebut, tim Damkar tidak boleh terlena,” tukasnya.

Sebab masuk periode Juli-Desember 2020 tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan signifikan karena sudah masuk musim kemarau.

“ Untuk itu, pengecekan perlengkapan dan personil tetap dilakukan. Setiap personil tim pemadam kebakaran harus mengetahui tupoksinya sehingga  saat terjadi kejadian kebakaran siap memadamkan api,” pungkas Heru. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00