Kapolres Wonogiri dan KPU Kabupaten Tanda Tangani Mou Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

KBRN WOnogiri : Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Pengamanan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten dan Polres Wonogiri,  Kamis (25/06/2020).

Kegiatan yang digelar  di aula KPU Wonogiri, jalan Gunung Gandul Joho Lor, Giriwono, Wonogiri, merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan peningkatan sinergitas kerja sama yang terpadu dan berkesinambungan, antara KPU Kabupaten Wonogiri selaku lembaga penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan pemilihan secara hierarkis di Kabupaten Wonogiri dengan Polres Wonogiri selaku alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada manyarakat.

Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi dalam sambutannya mengatakan bahwa penanda tanganan MoU ini sudah kali ke 3 dilaksanakan antara KPU dan Polres Wonogiri yakni sejak 2018 sampai 2020 ini.

“Pada Pemilu dan Pilbub 2020 nanti, tantangan yang dihadapi berbeda dengan Pemilu sebelumnya yaitu seperti pada Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan,” ungkapnya.

Toto pun mengungkapkan bahwa Kabupaten Wonogiri mendapatkan predikat Pemilu dengan pengamanan terbaik nomor satu se-Jawa Tengah.

Sementara terkait adanya pandemi Covid-19, Toto mengatakan kalau pihaknya menunda proses pentahapan.

“Kemudian pada tanggal 15 Juni 2020 semua pentahapan Pilkada dimulai kembali, saat ini masuk pada tahap persiapan pembentukan PPDP ( Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ) yang tentunya dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol kesehatan,” ujar Toto.

Pada pentahapan Pilkada nanti, Toto melanjutkan jika kegiatan yang sifatnya Pegumpulan massa atau orang banyak dibatasi dalam pelaksanaan pilkada. Nantinya kegiatan ini dilaksanakan melalui media sosial.

Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo yang mewakili Kapolres Wonogiri mengatakan bahwa seluruh jajaran personel di Mapolres Wonogiri akan selalu mendukung tugas mulia ini.

“Tugas mulia harus didukung oleh semua pihak baik dari Eksternal maupun Internal Polri, Polres Wonogiri saat ini sudah terpasang jadwal pentahapan Pilkada beserta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Polres Wonogiri dan telah mendapat arahan dari Kapolres Wonogiri,” ungkapnya.

Dengan adanya MOU ini Polres Wonogiri diberikan beban yang besar dalam Pengamanan Pilkada Kab Wonogiri 2020, karena dinamika pentahapan Pilkada seperti Perubahan anggaran, perubahan pentahapan, perubahan TPS, Jumlah pemilih dll tentunya membutuhkan perhatian khusus supaya semua segera diantisipasi.

Pada Pilkada nanti, Wakapoles menegaskan bahwa para petugas seperti di TPS akan menggunakan pakaian APD karena saat ini masa Pandemi Covid – 19.

“Harus menerapkan Protokol Covid – 19 karena situasi berbeda dan itu sudah protap, termasuk nantinya dalam hal pelaksanaan kegiatan lainnya maupun pengamanan juga harus memperhatikan protokol kesehatan untuk itu makanya perlu dibahas lebih lanjut antara Polres Wonogiri dan KPU Wonogiri,” pungkasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00