Pekan Depan Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo Mulai Gelar Sholat Jumat

KBRN Sukoharejo : Sudah satu bulan lebih masjid-masjid tidak menggelar sholat Jumat dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Bahkan, saat bulan Ramadan lalu masjid-masjid juga tidak menggelar aktivitas termasuk salat tarawih berjamaah.

Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau pelaksanaan sholat dilaksanakan dirumah. Namun, Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo berencana menggelar salat Jumat kembali minggu depan.

“Insya Allah Minggu depan,” ujar Sekretaris Takmir Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, Wiyono, Sabtu (30/5/2020).

Pada hari Jumat (29/05/2020), Masjid Agung belum menggelar sholat Jumat seperti masjid-masjid lainnya. Meskipun, ada juga masjid yang sudah menggelar salat Jumat.

“ Ya, selama ini, Masjid Agung sudah meniadakan aktivitas yang bersifat pengumpulan massa sejak sebelum Ramadan. Gerbang masjid pun ditutup dan diberikan pengumuman agar jamaah salat dilakukan di rumah masing-masing,” cetusnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Ihsan Muhadi mengaku mengikuti kebijakan yang diambil Pemkab terkait dengan perpanjangan status Kejadian Luar Biasa (KLB) corona hingga 31 Juli mendatang.

“ Sembari menunggu kebijakan dari pusat, Kemenag mengikuti kebijakan dari Pemkab Sukoharjo. Terkait pelaksanaan ibadah sholat berjamaah di masjid, Ihsan mengaku sejauh ini imbauannya masih sama, yakni untuk dilaksanakan di rumah masing-masing,” ungkap Ihsan.

Seperti diketahui, tingginya kasus positif corona di Sukoharjo membuat Pemkab Sukoharjo memutuskan memperpanjang status KLB corona hingga 31 Juli.

Dengan perpanjangan KLB, kegiatan belajar mengajar dirumah untuk siswa jenjang TK-SMP juga diperpanjang hingga 31 Juli 2020.  (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00