KAS Klaten Terus Dipantau Polisi, Aktifitas Dilarang di Sanggar

KBRN, Klaten : Pimpinan Karaton Agung Sejagat Purworejo sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jawa Tengah. Begitu juga dengan keberadaan Karaton Agung Sejagat (KAS) di Brajan Klaten kini juga mendapatkan pengawasan dari kepolisian setempat.

Polres Klaten tetap melarang Sanggar Awan Mukti untuk kegiatan anggota, kaitannya dengan organisasi KAS. Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Kapolsek Prambanan AKP Suyono mengatakan, bila untuk kegiatan seni dan sosial dipersilahkan. 

"Namun bila digunakan untuk  kumpul-kumpul terkait organisasi itu tidak  boleh," ungkap Kapolsek Prambanan AKP Suyono kepada RRI Rabu (22/1/2020).

Sampai saat ini batu prasasti yang  berada di kompleks sanggar itu masih diberi garis polisi sampai batas waktu sudah ada keputusan dari Polda Jawa tengah. Menurut rencana anggota Kraton Agung Sejagat Klaten untuk membuat pernyataan bahwa batu tersebut bukan situs akan tetapi merupakan karya seni.

"Situasi terkendali. Police Line  masih terpasang dan selalu  diingatkan kepada pemilik ataupun sanggar tidak menjalankan kegiatan yang berbau seperti di Purworejo masih kami larang," tambahnya. 

Dirinya berharap para anggota KAS Klaten jangan sampai melakukan kegiatan yang ilegal. Hal itu  dilakukan jangan sampai membuat masyarakat semakin resah.

Sedengkan Kepala Desa Brajan Prambanan Saptono kepada RRI mengungkapkan, pasca mencuatnya KAS Purworejo beberapa waktu lalu, situasi di Desa Brajan  khususnya kampung Saren  cukup kondusif. Mereka dan warga  pada umumnya di kampung itu bergaul seperti biasa. 

"Untuk pergaulan biasa saja. Kenarin itu koordinasi dengan Polsek ya istilahnya kita tutup. Alhamdulillah mereka sudah biasa," kata Saptono Kepala Desa Brajan kepada RRI.

Sedangkan sekretsaris Sekda Klaten Joko Sawaldi kepada wartawan meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap sesuatu  yang tidak jelas. Masyarakat jangan mudah percaya dan harus bepikir logis. Adam

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00