Sistem Eror, Tes Puluhan Peserta Panwascam Sragen Ditunda

KBRN Sragen: Puluhan peserta ujian tes Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sragen kecewa. Mereka gagal melaksanakan ujian dengan sistem Computers Asited Test (CAT) yang berlangsung di SMKN 2 Sragen, Jumat (13/12/2019).

Hal ini disebabkan sistem dari Bawaslu Pusat mengalami masalah. Kepada RRI salah seorang peserta dari Kecamatan Ngrampal Agung Widodo mengakui ada masalah di komputernya. "Tidak bisa online untuk peserta tes sesi kedua Pukul 10.00- 11.30 WIB. Katanya sistem dari pusat," ungkap Agung.

Sejumlah 80 peserta yang terbagi empat kelas itu juga harus menunggu sejam karena sistem sedang dibenahi dari pusat. Namun tetap saja tes sesi kedua tidak bisa dilaksanakan. Akhirnya Bawaslu Kabupaten Sragen menunda pelaksanaan ujian ini.

"Sepertinya dilaksanakan besok sekaligus tes wawancara. Menurut saya panitia pusat kurang profesional saja. Kalau Bawaslu sini memang tidak bisa apa-apa karena sistem pusat," katanya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu bidang Organisasi dan SDM Edy Suprapto mengatakan, tes Panwascam untuk 231 peserta dibagi tiga sesi. Setiap sesi 4 kelas, setia kelas 80 orang sisanya terakhir. Menurut Edy, tes pertama pukul 08.00-09.30 berjalan lancar, namun untuk sesi kedua mengalami kendala peserta tidak bisa login.

"Masalahnya memang sesi pertama lancar, sesi ke dua server tidak bisa login. Artinya akan dijadwalkan ulang untuk sesi ke dua. Ada 80 orang yang harusnya jam 10 sampai setengah 12," jelasnya.

Edy Suprapto membeberkan, untuk materi tes masalah regulasi teknis penyelanggaraan pemilu dan muatan lokal dan regulasi lainya. Setiap peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 100 soal. Setelah tes tertulis ini akan dilanjut tes wawancara besuk pagi. 

"Kalau nilai akhir tidak hanya dari hasil CAT. Tapi akumulasi dengan tes wawancara juga," ujarnya.

Ketua Bawaslu Dwi Budi Prasetyo mengatakan, tes wawancara akan dilakukan sesuai jadwal. Sementara untuk peserta yang tes tertulis tertunda dijadwalkan ulang Senin (16/12) pekan depan. 

"Kita harus seting login ulang. Info terakhir dijadwalkan hari Senin mendatang. Yang penting besok ikut tes wawancara sesuai jadwal," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00