Solo Punya Tempat Wisata Airbrush dekat RRI, Begini Sejarahnya

KBRN, Surakarta: Pemkot Surakarta melakukan penataan dan perbaikan citra Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari, menjadi destinasi wisata airbrush. Sebelumnya kawasan tersebut kumuh dan juga dijuluki tempat mangkal Pekerja Seks Komersial (PSK).

Penataan kawasan diawali dengan pembangunan selter PKL cat dan airbrush. Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, saat meresmikan 45 unit selter PKL Kestalan mengatakan citra kawasan Kestalan kini sudah berubah. 

"Dulu ini kawasan RRI hanya identik dengan keberadaan para pekerja seks komersial (PSK), namun kini sudah ada destinasi wisata airbrush," tandas Rudy sapaan akrab Walikota saat meresmikan selter itu, Jumat (6/12/2019).

Wali Kota menerangkan, pembangunan selter yang digunakan para pelaku usaha cat hias tersebut juga diiringi penataan lingkungan. Berupa jalan di depan selter juga sudah diaspal termasuk perbaikan saluran air.  "Kini tinggal menunggu pembangunan gapura menada kawasan wisata dari aluminium," ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi menambahkan, pembangunan 45 unit selter itu menghabiskan dana APBD senilai Rp 300 juta. Sebagian materialnya diambil dari bekas kios darurat pedagang Pasar Klewer di Alun-alun utara Keraton Surakarta, yang sudah tidak terpakai. 

"Sebagian material bekas untuk pedagang Klewer yang berakhir di alun-alun Utara. Proyek ini dikerjakan mulai 10 September sampai 8 November. Sedangkan DPU PR juga menata lingkungannya," terang Heru Sunardi.

Sebelum diresmikan, juga diggelar lomba mural untuk menghias selter-selter tersebut. Ide pengembangan selter PKL airbrush itu juga didasari pertimbangan bahwa lokasi usaha tersebut sebelumnya kumuh. 

Peresmian itu juga dihadiri Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Mendag dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah terus mendorong pertumbuhan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). "Kami berharap pembangunan selter ini bisa menjadi bagian dari revitalisasi PKL-PKL lain di kota lain."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00