Puluhan Rumah Warga Karanganyar Rusak Diterjang Cuaca Ekstrim

KBRN, Karanganyar: Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mencatat terdapat 53 rumah rusak akibat cuaca ekstrim, hujan disertai angin yang melanda Karanganyar pada Rabu 4 desember lalu.

Berdasarkan data BPBD Karanganyar rumah rusak tersebut terjadi di 3 kecamatan. Meliputi Kecamatan Jaten, Tasikmadu, dan Kebakkeramat dengan Kerusakan terbanyak dalam kategori ringan. Sedangkan Nilai kerugian akibat cuaca ekstrim tersebut mencapai Ep 95.686.000.

Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar Bambang Djatmiko melalui Sekretaris BPBD Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan pihaknya telah melakukan penanganan pertama melalui tim reaksi cepat dengan membantu mengevakuasi bagian rumah yang rusak dengan dibantu relawan, serta masyarakat.

"Kita sudah lakukan bantuan langsung dari tim bersama para warga gotong royong bantu korban yang rumahnya rusak, sekaligus memberi bantuan logistik," ungkap Hendro saat dikonfirmasi RRI, Jumat, (6/12/19).

Hendro mengatakan nantinya bantuan yang diberikan berupa uang dengan nilai nominal sesuai kategori kerusakan, untuk kategori ringan senilai 1,5 juta, sedang 3 juta, dan berat 5 juta.

"Kemarin kita sudah data, juga sudah dikatagerokan oleh Tim khusus, dan rencananya kita rekap dulu semuanya, kan sesuai kategori itu yang berat 5 juta, sedang 3 juta, dan ringan itu 1,5 juta," terangnya.

Lanjut Hendro, nantinya dana bantuan akan diambil dari APBD tahun 2019 dengan menyesuaikan nilai sisa anggaran.

"Nanti dananya kita ambilkan dari APBD tahun ini, kan kita ada 3 kali dalam setahun untuk penyaluran bansos, nah dilihat dulu sisanya berapa, cukup tidak, kalo tidak ya tahun depan," bebernya.

Namun Pihaknya mengupayakan alokasi bantuan dapat dilakukan akhir tahun ini. "Tapi kita tetap upayakan bisa disalurkan tahun ini,"imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00