Bupati Sukoharjo Serahkan Bantuan Baznas dan RTLH

KBRN Sukoharjo : Pemkab Sukoharjo berkomitmen menekan jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) secara bertahap.

Pada hari Kamis (18/8/2022), Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan bantuan rehab RTLH secara langsung maupun simbolis kepada warga di Kecamatan Gatak dan Polokarto.

“Ya, hari ini kami menyerahkan bantuan untuk tujuh orang penerima dari Baznas. Ada bantuan rehab RTLH dan 37 penerima bantuan renovasi rumah serta pengobatan,” ujar Bupati Sukoharjo Etik Suryani,

Bantuan yang diserahkan secara simbolis di lobi kantor Bupati Sukoharjo antara lain untuk modal usaha, renovasi rumah, pengobatan, dan bantuan biaya hidup.

Menurutnya, sebelumnya ada pengajuan permohonan bantuan dari masyarakat dan dikoordinasikan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Pencairan bantuan oleh Baznas bisa lebih cepat dibandingkan melalui APBD Kabupaten Sukoharjo yang harus melalui proses penganggaran,” cetusnya.

Ditegaskan bupati, bantuan akan terus diberikan pada masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu,” jelasnya.

Diketahui, tahun ini, Pemkab Sukoharjo mengalokasikan anggaran Rp 2,1 miliar untuk rehab RTLH. Program rehab RTLH rutin dilakukan setiap tahun dengan sumber biaya dari pemerintah pusat, provinsi, dan corporate social responsibility (CSR).

Ditambahkan Etik, Pemkab Sukoharjo terus berupaya membantu pengentasan RTLH agar menjadi rumah layak huni. Terlebih, jumlah RTLH di Kota Makmur cukup banyak. Dengan tegas, Etik meminta seluruh pihak yang terlibat dalam pengentasan RTLH turut mengawasi bantuan agar tetap sasaran.

“Pak camat, pak lurah, tolong ini benar-benar dikawal. Jangan sampai salah sasaran. Pemkab Sukoharjo akan terus memberikan bantuan bagi warga yang kurang mampu,” pungkas Etik. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar