Belasan Penyelam Upacara HUT ke-7 7 RI Under Water di Umbul Pinggok Klaten

KBRN,Klaten: Sejumlah penyelam melakukan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 di bawah air, di Umbul Ponggok Polanharjo Klaten Rabu (17/8/2022).

Pengibaran bendera merah putih dilakukan dari dalam air dengan melibatkan belasan penyelam.

Kepala Divisi Wisata BUMDen Desa Ponggok Suyantoko menjelaskan peserta upacara yang dialam air sebanyak 10 penyelan ditambah tiga orang sebagai pengibar bendera. Mereka melakukan penyelamanan saat pengibaran bendera berlangsung lebih dari 10 menit.

"Hari ini Umbul Ponggok menyelenggarakan pengibaran bendera merah putih dari dalam air dalam rangka HUT RI yang ke 77. Jadi ada tiga orang pengibar bendera dari dalam air," kata Suyantoko kepada RRI.

Tiga orang penyelam pengibar bendera tersebut berperan masing-masing sebagai pembawa bendera, pengerek dan pembentang bendera.

Peserta lainnya yang dalam upacara tersebut adalah dari tim Sar Solo dan Klaten secara gabungan yang berjumlah 10 orang. 

Untuk pengambilan gambar dilakukan sebanyak tiga orang. Sehingga total yang ada didalam air 18 orang.

Sedangkan yang ada diatas atau dipinggir umbul adalah para pengunjung dan pegawai umbul Ponggok.

Dia juga menyebut kedalaman unbul ponggok sendiri lebih dari tiga meter.

"Upacara dan pengibaran bendera ini merupakan salah satu keunikan umbul Ponggok tentang keindahan bawah airnya," tambahnya.

Bayu salah satu petugas pengibar bendera kepada wartawan mengatakan dirinya sebagai petugas pengibar bendera di dalam air sudah dijalani beberapa kali. Sebelumnya juga dilakukan latihan terlebih dahulu. "Kesannya seru mas. Biasnya kan di darat ini kan di air. Menarik," katanya.

Tantangannya adalah belajar insting antara mengibarkan bendera dengan dengan lagu Indonesia Raya.

"Caranya saya nyanyi dalam batin. Karena tidak bisa mendengar suara," imbuhnya. Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar