Seniman Boyolali Gelar Pawai Budaya Dalam Rangka Peringati HUT RI Ke 77

KBRN Boyolali :  Ratusan warga  dan pelaku seni di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun.

Yang  menarik, dan unik para peserta pawai membawa tokoh wayang kulit berukuran besar serta kain merah putih dengan panjang  sekitar 7 meter.

Koordinator pawai, Wartoyo menjelaskan sebenarnya agenda ini merupakan agenda yang mendadak,  diharapkan pawai yang digelar dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan cinta NKRI.

“Peserta pawai budaya semua menggunakan pakaian tradisional, petani, pakaian anak SD, pakaian reog, hingga kostum hantu,”  katanya, Rabu (17/8/2022).

Wartoyo  menjelaskan wayang buto raksasa ikut diajak berkeliling dalam pawai sebagai simbol melawan Covid-19. Dan setelah pawai selesai akan dilangsungkan berbagai kegiatan lain dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI.

“Setelah kegiatan pawai budaya akan diadakan kegiatan kesenian seperti reog, jatilan, janggrungan, dan kegiatan lain,” ucapnya.

Kegiatan ini disambut positif oleh salahsatu warga peserta pawai Erna, dirinya merasa senang dengan kegiatan pawai budaya yang diselenggarakan para seniman.

“Kami juga senang karena sudah lama tidak ada kegiatan seperti  ini selama Covid-19,” ujarnya.

Pantauan dilapangan, pawai tersebut berkeliling kampong dengan menempuh jarak kurang lebih 3 kilo meter, yang disambut meriah oleh warga . (kisno/ep)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar