Kementerian BUMN Support Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Lapangan Pamedan Jadi Target Perbaikan

KBRN, Surakarta: Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Solo mendapatkan dukungan Kementerian BUMN. Dalam waktu dekat, beberapa kerja sama akan dilakukan Pura Mangkunegaran dan Kementerian BUMN, terkait revitalisasi fisik bagian luar Pura Mangkunegaran.

Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan, pihaknya siap mendukung revitalisasi Pura Mangkunegaran sesuai program Mangkunegara X.

“Akan kami kolaborasikan dengan Indonesian Financial Group (IFG) dan BUMN lainnya. Kegiatan hari ini jadi awal yang baik. Komunikasi dan koordinasi yang terjalin selama ini sudah cukup baik melihat kebutuhan Pura Mangkunegaran,” bebernya, Rabu (17/8/2022). 

Untuk upacara dan Festival Bakti BUMN di Pameran Mangkunegaran, Edi menyebut jika acara adalah rangkaian program sukarelawan bakti BUMN batch kedua.

Serangkaian acara tersebut diawali upacara bersama Mangkunegara X, direksi dan relawan bakti BUMN. Dilanjutkan pemberian bantuan kepada anak abdi dalem dan lomba bersama. 

Sementara itu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, usai Upacara dan Festival Bakti BUMN mengatakan, akan menghidupkan kawasan Pamedan, sisi luar Mangkunegaran, agar lebih produktif. Sehingga kegiatan Mangkunegaran akan lebih aktif secara menyeluruh. 

"Baik untuk pariwisata, kegiatan kebudayaan maupun kegiatan bermasyarakat,” ungkap Gusti Mangku, sapaan akrabnya KGPAA Mangkunegara X, di sela Pameran Mangkunegaran, Rabu (17/08/2022).

Mangkunegara X mengaku, bakal lebih aktif mengadakan kegiatan yang bisa dihadiri masyarakat. Tujuannya, ingin mendekatkan Pura Mangkunegaran dengan publik dan menjadikannya bagian keseharian warga Kota Bengawan.

“Salah satunya, upacara kemerdekaan yang dilakukan hari ini. Ke depan kami ingin mengadakan banyak acara. Kami ingin membuka diri untuk umum, tidak terbatas kalangan tertentu saja,” jelasnya. Fatimah 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar