155 Napi Rutan Kelas 1 Surakarta Dapat Remisi HUT Kemerdekaan ke 77, 3 Napi Dinyatakan Bebas

Penyerahan surat remisi secara simbolis

KBRN, Surakarta: Sebanyak 155 warga binaan Rutan Kelas 1 Surakarta mendapat remisi penahanan di hari HUT Kemerdekaan RI Surakarta.

Pemberian remisi secara simbolis ditandai dengan penyerehan surat remisi oleh Kepala Rutan Kelas 1 Surakarta Urip Dharma Yoga kepada perwakilan warga binaan usai upacara peringatan hari Kemerdekaan di halam Rutan Kelas 1 Surakarta.

Dikonfirmasi RRI, Kepala  Rutan Kelas 1 Surakarta Urip Dharma Yoga melalui Kepala Subseksi Bantuan Hukum dan Pelayanan warga binaan, Joko Oktavianto mengatakan, dari total 592 warga binaan di Rutan Kelas 1 Surakarta, 155 warga binaan mendapat remisi di hari HUT Kemerdekaan RI ke 77. Mereka merupakan warga binaan dengan kasus umum dan narkoba. 

"Dari 155 warga binaan itu terdiri dari 137 warga binaan laki-laki dan 18 warga binaan perempuan. Alhamdulilah 3 diantara warga binaan yang mendapat remisi langsung dinyatakan bebas," jelasnya kepada RRI, Rabu (17/8/22).

Sedangkan, lanjut Joko untuk jumlah besaran remisi yang di berikan meliputi, 1 bulan untuk 72 orang, 2 bulan 23 orang, 3 bulan 48 orang, 4 bulan 9 orang dan 5 bulan 3 orang. 

"Remisi ini termasuk dalam kategori remisi umum yang diberikan setiap hari kemerdekaan. Ini berbeda dengan remisi khusus yang diberikan setiap hari raya keagamaan," jelasnya.

Lebih lanjut, Joko menyebut, bagi warga binaan yang mendapat remisi maupun sudah dinyatakan bebas agar tidak memiliki keinginan untuk mengulangi perbuatannya. 

"Pesan kami, di moment kemerdekaan ini, warga binaan harus memaknai kemerdekaan dengan cara berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama," katanya.

Disisi lain, Joko mengatakan, bagi keluarga warga binaan yang telah bebas, harus memberikan kebebasan dalam arti memberi kesempatan bagi warga binaan untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat. 

"Meski didalam rutan itu warga binaan merdeka, tapi tidak dapat dipungkiri, bahwa warga binaan yang telah keluar dari rutan tidak serta merta bebas dari steatmen masyarakat sebagai mantan narapidana," bebernya.

Sehingga, lanjut Joko, dengan dukungan dan bantuan keluarga, para warga binaan tidak akan memiliki niat untuk mengulangi perbuatannya.

Adapun, selain penyerahan remisi, kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Rutan Kelas 1 Surakarta juga diwarnai berbagai kegaiatan, mulai dari lomba kesenian, olahraga dan, upacara kemerdekaan.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar