Warga Dukuh Kabonan RT 01/ RW 01 Desa Jenengan Kecamatan Sawit Gelar Upacara Bendera di Tengah Sawah

KBRN Boyolali : Tepatnya di Dukuh Kabonan, RT.01/ RW 01, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit warga melaksanakan upacara HUT RI  ke 77 di lokasi persawahan, Rabu (17/08/2022).

Pelaksanaan upacara dilaksanakan seperti halnya upacara pada umumnya. Peserta upacara diikuti oleh para pemuda .petani, anak anak, juga sejumlah pedagang jamu gendong.

Sementara itu,bertindak selaku inspektur upacara  ketua rukun tetangga (RT) dengan mengenakan pakaian tradisional Jawa.

Menurut Ketua RT Dukuh Kabonan Sarjono, dipilihnya lokasi untuk upacara bendera di persawahan agar semua warga semangat menikuti upacara peringatan HUT RI. Ke 77,,

“Kita lakukan di persawahan ini, agar pemandangan bagus. Selain itu, tidak ada tempat lain yang lebih luas. Ini hanya satu RT.  Dukuh Kabonan,” ujarnya.

Tujuan diadakan upacara,  untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada waktu itu.

Warga mulai dari anak anak, pemuda, serta orang tua ini agar dapat mengenang jasa para pahlawan yang berjuang melawan penjajah hingga merdeka,”ujar Sarjono.

Sementara itu, Ketua RW 01 Kabonan, Mulyono mengatakan, dengan diadakan upacara bendera di persawahan ini agar semua warga Kabonan timbul nasionalis nya kepada bangsa dan negara Indoensia ini. Serta dapat menghargai perjuangan para pejuang terdahulu.

“Perjuangan para pahlawan dahulu sangat gigih dan kemerdekaan RI itu benar benar bukan hadiah. Namun, diperjuangan dengan penuh keberanian dan mengorbankan jiwa dan raganya untuk Indonesia,” kata dia.

Menurutnya, rasa nasionalisme harus ditanamkan terhadap anak anak, sehingga mereka mengetahui perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan RI.

“Ini baru yang pertama kali kita lakukan, tahun depan kita lakukan kembali. Kegiatan seperti ini dapat mengigatkan kita semua teradap perjaungan para pejuang dulu dan anak anak kita juga biar mengetahuinya,” jelasnya. (kisno/ep)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar