Tarian Kidung Sang Saka Mengisi Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari Surakarta

Tarian Kidung Sangsaka Mengisi Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari Surakarta.

KBRN, Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-77. Upacara bendera pagi ini berlangsung di Stadion Sriwedari Kota Surakarta.

Sebelum dimulainya acara inti, ditampilkan tarian Kidung Sang Saka yang dibawakan oleh seniman Wayang Orang Sriwedari. Para penari berjumlah 42 orang, menarikan tarian dengan indah. 

Tarian Kidung Sang Saka ini menggambarkan untaian kisah perjuangan yang terangkai gagah birawa. Merah darah tulus mewarnai keberanian perjuangan. Suci tulus terpatri dalam sanubari pertiwi. Inilah sang saka, berkibar bukan karena belas kasih namun berjaya berkalang pengorbanan, ketulusan dan persatuan.

Tari ini terilhami dari spirit merah putih yang di jahit oleh ibu Fatmawati. Tari ini menggambarkan semangat menggelora dari para pejuang dalam merebut kemerdekaan serta ketulusan dan kesucian jiwa pengorbanan untuk merebut kemerdekaan.

Koreografer tari Kidung Sang Saka ini yakni Dhestian Wahyu Setiaji. Sedangkan dikomposeri oleh Nanang Dwi Purnama. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar