Ekonomi Pulih, PAD Kota Surakarta Akan Ditingkatkan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta usai menggelar Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia.

KBRN, Surakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta menggelar Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, Selasa (16/8/2022).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo, di ruang Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta.

Rapat Paripurna ini dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surakarta.

Ditemui usai sidang paripurna, Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo menyambut baik apa yang disampaikan Presiden Jokowi. Terlebih DPRD dan Pemerintah Kota Surakarta telah sepakat untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Karena dalam Nota penjelasan Walikota, disampaikan ada penurunan PAD, yang diperkirakan hampir Rp. 10 Miliyar, tetapi pada pembahasan di Baggar, kita sepakati kembali pada rencana awal bahkan bisa ditambah PAD-nya. prediksinya Rp 760 M, akhir pembhasan menjadi 740 M," katanya. 

Peningkatan PAD ini, lanjut Budi, karena kondisi tahun ini terus membaik. Sebab tahun lalu dengan kondisi Pandemi korona yang tinggi masih mampu memaksimalkan PAD. 

"jadi tahun ini akan meningkat, dan pak walikota luar bisaa bersemangat untuk mendorong event untuk didakan di Kota Surakarta," pungkas Budi.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menilai sebagai ketua partai hanya menyarankan kepada anggota fraksi untuk eleng lan waspada menghadapi tantangan global. Sehingga dalam merumuskan, merencanakan tentang APBD, harus memprioritaskan kepentingan rakyat.

"Sehingga rakyat bisa menikmati pembangunan yang ada di kota Surakarta. Beliau presiden sudah menekankan seperti itu, tentunya mulai dari pusat sampai ke daerah melakukan hal yang sama," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan, masyarakat Indonesia patut bersyukur dengan capaian pertumbuhan ekonomi tersebut. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar