Unik, Warga Klaten Ini Kibarkan Bendera Merah Putih Sebanyak Usia Hari Kemerdekaan

KBRN, Surakarta: Berbagai aksi unik sering kali dilakukan masyarakat dalam mengekspresikan kecintaannya terhadap negara Indonesia.

Salah satunya dilakukan Asim Sulistiyo seorang warga desa Krakitan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dirinya setiap tanggal 17 Agustus selalu mengibarkan bendera merah putih berjumlah sesuai dengan usia hari kemerdekaan.

Ditahun 2022 ini, Asim mengibarkan bendera berukuran 80 x 160 cm sebanyak 77 sesuai dengan usia hari kemerdekaan tahun 2022 yang ke 77.

Pria yang kesehariannya sebagai guru seni budaya di SMP N 3 Bayat Klaten itu menuturkan, pemasangan bendera itu sudah dilakukan secara turun temurun dari ayahnya sejak tahun 1960. Pada saat pertama bendera dipasang jumlah nya sesuai dengan usia kemerdekaan.

"Ide itu muncul dari Ayah saya, beliau seorang petani dan rajin belajar agama, ia ingin menumbuhkan rasa nasionalisme bagi orang di sekitarnya," ungkapnya kepada RRI, Selasa (16/8/22).

Asim menuturkan sejak tahun 1997 ayahnya telah tiada dan ia pun meneruskan yang dilakukan orangtuanya. Semula warga bertanya mengapa memasang bendera sebanyak itu Bahkan ada orang mengira ia berjualan bendera.

"Ada juga yang meminta sebagian untuk dipasang di halaman rumahnya. tapi tidak saya izinkan. kalo mau ya saya kasih, saya sudah menyediakan bendera di rumahnya jika ada yang meminta," katanya.

Dituturkan Asim Sulistiyo, memaknai kemerdekaaan RI dengan pengibaran bendera akan menumbuhkan jiwa nasionalisme. Untuk menyemarakkan HUT kemerdekaan RI tahun ini, juga diadakan kirab keliling kampung yang melibatkan anak anak sekolah.

"Alhamdulilah Desa Krakitan juga sudah dilaunching menjadi kampung pancasila oleh pemerintah. serta rumah saya sudah diberi julukan omah bendera karena saya menyimpan koleksi bendera yang dikibarkan sejak 50 tahun silam," ungkapnya.

Adapun sejak tiga tahun terkahir ini, aksi Asim menginsipirasi masyarakat sekitar untuk memaknai peringatan HUT RI. Aksinya pun sempat menjadi viral dan rumah miliknya banyak dikunjungi anak sekolah dan masyarkat untuk melihat lihat dan juga berfoto selfi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar