Pertama Kali Jadi Petugas Pembawa Bendera, Naura dan Amira Terus Giat Berlatih

Naura Safa Ariffia dari SMA Al Islam 1.

KBRN, Surakarta: Salah satu siswa dari SMA Al Islam 1 Surakarta dan SMA N 1 Surakarta terpilih menjadi petugas pembawa baki Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) 2022 Kota Surakarta. Mereka adalah Naura Safa Ariffia dari SMA Al Islam 1 dan Amira Malika dari SMA N 1 Surakarta.

Keduanya terpilih sebagai pembawa baki bendera merah putih pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus yang ke-77 di Stadion Sriwedari Kota Surakarta.

Naura mengatakan jika tahun ini merupakan kali pertama ia terpilih menjadi petugas pembawa baki bendera merah putih.

"Alhamdulillah Ini pengalaman pertama. Ya pertamanya deg-degan juga karena kita juga banyak penonton buat upacaranya sendiri dan upacaranya juga diadakan di stadion Sriwedari. Setelah sekian tahun juga jadi kata pelatih ini formasi yang benar dari sebelum-sebelumnya," ungkapnya saat dikonfirmasi RRI seusai melakukan gladi bersih di Stadion Sriwedari, Senin (15/8/2022).

Perempuan anak ke-2 dari 2 bersaudara ini pada awalnya mengikuti seleksi paskibra tingkat sekolah, dan lolos hingga seleksi akhir. Ia telah mengikuti berbagai latihan sejak akhir Juli lalu. Seperti penguatan fisik, materi PBB hingga latihan formasi.

"Persiapannya itu kita awal mulai latihan itu dari minggu terakhir bulan Juli. Itu kita satu minggu kita dikejar untuk penguatan fisik dulu, setelah selanjutnya kita dari pagi sampai sore sudah mulai masuk ke materi PBB, terus selanjutnya kita juga masuk ke formasi-formasi," jelasnya.

Siswi kelas 11 SMA ini mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya. Sehingga membuatnya lebih percaya diri dan meminimalisir rasa grogi di hadapan ratusan peserta upacara.

"Tentunya orang tua saya itu bangga karena sebelumnya orang tua saya tahu kalau saya itu sangat suka dengan paskib," katanya.

Hal senada diungkapkan Amira, jika sudah mempersiapkan latihan sejak dua pekan lalu. Meski berpindah-pindah lokasi latihan, wanita yang hobi menulis ini merasa senang dan bangga dapat terpilih dalam Paskibra.

"Saya nggak nyangka pertamanya mungkin awal-awal mimpinya mau yang membawa bagi tapi nggak mau berharap lebih. Udah dua minggu ini persiapannya latihan, terus di seleksi juga untuk pembawa baki," jelasnya.

Menjelang pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI, dirinya terus giat berlatih untuk meminimalisir kesalahan. Meski dirinya masih merasa grogi, berkat dukungan keluarga, memotivasinya untuk melaksanakan tugas yang terbaik. 

"Ini terakhir latihan dan persiapannya pastinya yang latihan-latihan kemarin, terus kesalahan-kesalahannya buat dikurangin. Terus diperbaiki biar lebih bagus. Karena kita semua ini kerja tim dan bekerja sama semuanya," jelasnya.

Pada Selasa siang (16/8), akan dilakukan karantina bagi paskibra, untuk mempersiapkan tenaga dan kesehatan, agar lebih fit saat pelaksanaan upacara bendera. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar