SDIT Nur Hidayah Surakarta Gelar Upacara HUT Pramuka ke 61

KBRN Surakarta : SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta menggelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-61.

Upacara digelar Senin (15/08/3022) pagi, di halaman sekolah. Diikuti oleh murid-murid kelas 4 dan kelas 5.

Tema yang diangkat dalam perayaan HUT Pramuka tahun ini adalah mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa.

Dalam amanat upacara, Kepala Sekolah, Ustadz Waskito, S.Pd. menyampaikan bahwa pengabdian itu maknanya luas. Sesuai dengan ketekunan dan profesi masing-masing.

"Murid-murid yang saat ini sedang tekun menuntut ilmu, profesinya menjadi seorang pelajar, maka pengabdiannya adalah bersungguh-sungguh dalam belajar dengan memperhatikan adab belajar, agar mendapatkan ilmu yang kelak bermanfaat bagi dirinya, keluarganya, bangsanya, dan agamanya," paparnya.

Menurutnya, Dasa darma pramuka harus melekat dalam diri setiap murid. Darma yang pertama, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. menjadi ruh bagi darma-darma selanjutnya. Ini senapas dengan profil pelajar pancasila.

"Beriman bertakwa dan berakhlak mulia menjadi ruh lahirnya kemandirian, jiwa gotong royong, mampu kreatif dan berpikir kritis, serta mau menghormati perbedaan dalam berkebhinekaan global," lanjutnya.

Ketua Panitia kegiatan, Sunarto, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan upacara dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Alhamdulillah upacara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Para petugas upacara dapat menjalankan perannya dengan baik. Baik pemimpin upacara, pengibar bendera, pembaca teks, dan lainnya.

Diakui, meskipun waktu latihan mereka terbilang cukup singkat. Para peserta upacara juga dapat mengikuti dari awal sampai akhir dengan baik.

"Mudah-mudahan menjadi pengalaman yang berharga bagi para petugas maupun peserta upacara. Kita semua dapat mengambil hikmah dari tema yang diusung agar dapat mengabdikan diri kita sesuai profesinya masing-masing. Semua dalam rangka membangun ketangguhan bangsa, yang beberapa waktu sempat terdampak akibat adanya Covid-19," harapnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar