Kloter 43 Tutup Pemulangan Haji Debarkasi Solo, Satu Orang Masih Tertinggal

KBRN, Boyolali: Hari ini Minggu (14/8/2022) pagi Debarkasi Solo menerima kedatangan kloter 43 yang merupakan kloter terakhir atau pamungkas.

Kloter Sapu Jagad ini terdiri dari Kabupaten Purbalingga, Kota Pekalongan Kab Sleman dan Kota Tegal, Banyumas, dan Kota Semarang sejumlah 345 jemaah. Kloter 43 ini tiba di debarkasi Solo sekitar pukul 06.00 WIB.

Kedatangan kloter 43 disambut langsung Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Haji Hilman Latif serta Ketua PPIH Embarkasi Solo Mustain Ahmad dan sejumlah pejabat kementerian serta daerah.

Jema'ah kloter 43 ini menutup seluruh rangkaian pemulangan haji dari debarkasi Solo yang berjumlah 44 kloter.

Kloter 44 gabungan dari berbagai daerah dipulangkan bersama dengan Embarkasi Pondok Gede Jakarta, sejumlah 20 orang telah tiba lebih dulu pada 8 Agustus lalu.

Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin menyampaikan, sejumlah 44 kloter dengan 15.431 jema'ah telah tiba di Debarkasi Solo. Pemulangan jamaah haji ditutup dengan kedatangan kloter 43.

Sementara yang masih berada di Arab Saudi masih ada satu jema'ah atas nama Tri Wahyu Sulistyoningsih. Jema'ah dari Kloter 16 SOC asal Kota Semarang itu cukup lama di rumah sakit. Bahkan ketika kloter 16 tiba di Solo pada 26 Juli lalu yang bersangkutan sudah ada di rumah sakit.

"Jema'ah ini memang lama mendapatkan perawatan di rumah sakit, karena komplikasi penyakit," jelas Sarip Sahrul.

Sedangkan rencana pemulangan jemaah haji yang masih tertunda ini nantinya menjadi wewenang KUH (Kantor Urusan Haji) di Arab Saudi. Mengingat jemaah yang dipulangkan harus istita'ah atau mendapat rekomendasi terbang. "Tapi pada intinya Kemenag bertanggung jawab pemulangan jemaah sampai rumah," ujarnya.

Sementara itu total jemaah haji yang meninggal dunia dari Debarkasi Solo berjumlah 18 orang. Satu meninggal di pesawat saat perjalanan pulang, sementara 17 lainnya meninggal di Arab Saudi.

Sementara menutup rangkaian pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Embarkasi/Debarkasi Solo 2022 langsung dibubarkan. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar