Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Ribuan Siswa Sekolah Dasar Kibarkan Bendera di Monumen 45 Banjarsari Surakarta

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-77, Ribuan Siswa Sekolah Dasar Kibarkan Bendera di Monumen 45 Banjarsari Surakarta.

KBRN, Surakarta: Ribuan bendera merah putih berkibar di Monumen 45 Banjarsari Surakarta, Jumat (12/8/2022). Bendera merah putih itu dikibarkan oleh ribuan Siswa Siswi dari enam Sekolah Dasar (SD) di kota Surakarta. Di sela-sela kegiatan, juga ditampilkan tarian dan nyanyian perjuangan.

Inisiator kegiatan, Mayor Haristanto saat dikonfirmasi wartawan seusai kegiatan mengatakan pengibaran bendera ini sebagai upaya untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Selain sebagai edukasi untuk belajar mencintai negeri melalui pesta bendera yang dikibarkan di monumen 45 Banjarsari.

"Ini adalah sebagai upaya meluapkan kegembiraan anak-anak ingin menyambut HUT RI besok 17 Agustus," jelasnya.

Selain itu, Presiden Republik Aeng-aeng ini ingin menanamkan rasa cinta terhadap pahlawan kemerdekaan dengan mengambil lokasi di Monumen 45 Banjarsari.

"Jadi ini sebuah edukasi, bahwa mereka belajar mencintai negeri ini dengan cara yang berbeda, dengan pesta bendera. Saya melihat betapa antusiasnya mereka, suka cita mereka, kebanggaan mereka harus diwujudkan. Ini ekspresi bahwa sejak dini harus NKRI. Jadi momentum Agususan adalah momentum untuk menghormati bangsa ini dan pahlawan," ungkapnya.

Dirinya berpesan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia, generasi muda tidak harus melawan penjajah, tetapi dengan melakukan hal-hal positif yang dimulai sejak dini. 

"Bagi saya anak-anak muda tidak harus melawan penjajah, berbuatlah yang terbaik bagi kamu yang bisa. Passion kamu apa, wujudkan, apapun itu," ujarnya.

Sementara itu, salah satu guru SD Kristen Banjarsari, Lilik Rosmaliansyah merasa terharu dan kagum dengan semangat anak-anak dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

"Seru sekali, karena sudah sekian lama keadaan covid itu bikin merinding. Ini sekolah saya dari kelas 5. Ini benderanya anak-anak bawa sendiri, sekolah menyiapkan tongkatnya," ungkapnya.

Guru Bahasa Inggris tersebut berharap rasa cinta terhadap negara, Pancasila, dan bendera Indonesia dapat kembali dipupuk melalui kegiatan pesta bendera ini. Sebab dirinya merasakan saat ini generasi muda sudah sedikit luntur rasa cinta terhadap tanah air.

"Sedikit banyak anak-anak sekarang, saya sendiri merasakan agak melupakan atau berkurang ya dari zamanku dulu. Dengan ini mereka kembali diignite ya cinta terhadap negara, Pancasila, bendera dan sebagainya," jelasnya.

Kegiatan pesta bendera merah putih yang diikuti ribuan siswa siswi dari 6 sekolah dasar, yakni SD N Cemara Dua, SD N Madyotaman, SD N Kestalan, SD N Kepatihan, SD K Banjarsari, dan SD N Rejosari kota Surakarta. Kegiatan ditutup dengan mengarak bendera merah putih berukuran besar 8x12 m² mengelilingi monumen 45 Banjarsari. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar