Presiden Joko Wi, Lakukan Tanam Kelapa Genjah di Desa Sanggang Bulu Sukoharjo

Presiden Joko Wi, Saat menyiram Kelapa Genjah di Desa Sanggang Bulu Sukoharjo, Kamis (11/08/2022)

KBRN Sukoharjo : Presiden Joko Wi melakukan penanaman kelapa genjah di Desa Sanggang Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Kamis (11/08/2022).

Penanaman perdana kelapa genjah juga diikuti sejumlah pejabat termasuk beberapa warga di lahan seluas 5 hektar di desa setempat.

Secara nasional total direncanakan sebanyak 1 juta pohon kelapa genjah akan ditanam disejumlah provinsi.

Presiden Joko Wi saat memberikan keterangan persnya mengatakan, penanaman kelapa genjah dilakukan dalam upaya meningkatkan ekonomi di wilayah selatan Kabupaten Sukoharjo dengan memanfaatkan nira kelapa genjah untuk diproduksi menjadi gula semut.

“Kegiatan tanam kelapa genjah tersebut juga  merupakan program menanam secara nasional kelapa genjah yang hasilnya baru bisa dilihat 2,5 tahun hingga 3 tahun. Dimana dalam satu tahun produktivitas satu pohon kelapa genjah sebanyak 140 sampai 180 buah per tahun,” ujar Kepala Negara.

Akan tetapi yang paling penting dikatakan Presiden Joko Wi selagi ditanam disiapkan juga industrialisasinya karena apa kelapa ini bisa dipakai untuk gula semut untuk minyak kelapa.

Presiden Joko Widodo juga menambahkan dengan penanaman kelapa genjah juga membuat tanah menjadi produktif.

“Bahkan pemerintah pusat memberikan bantuan untuk Kabupaten Sukoharjo sebanyak 110 ribu kelapa genjah, Kabupaten Boyolali 44 ribu kelapa genjah dan Kabupaten Karanganyar 46 ribu kelapa genjah,” tandasnya.

Nantinya, ketiga kabupaten di wilayah Solo raya tersebut menjadi daerah percontohan penanaman kelapa genjah. Kelapa genjah juga akan didistribusikan ke provinsi lain di Indonesia.

Salah satu warga desa Sanggang Bulu Sukoharjo Joko Santoso berharap dengan tanam genjah dapat meningkatkan income perekonomian bagi warga.  

“Semoga dengan kelapa genjah, warga di desa Sanggang dapat sejahtera hidupnya, dan ekonominya membaik,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dispertan Pemkab sukoharjo Bagas Windaryatno, mengatakan, Kabupaten Sukoharjo masuk sebagai salah satu daerah dalam program pengembangan tanaman pangan.

“Tanaman yang akan ditanam yakni kelapa genjah. Pemkab Sukoharjo langsung merespon cepat rencana pemerintah pusat setelah menerima bantuan bibit kelapa genjah dengan menyiapkan lahan di desa sanggang Kecamatan Bulu,” ujarnya.  

Menurutnya, penyiapan lahan dilakukan lantaran kelapa genjah bakal menjadi andalan Kabupaten Sukoharjo untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Nantinya Dispertan memberikan pendampingan penuh pada petani dan masyarakat.

“Pendampingan juga sangat diperlukan berkaitan ilmu pengambilan dan pengolahan nira dari kelapa genjah sebagai bahan baku gula semua,” pungkasnya. (Edwi)`

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar