Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

KBRN Surakarta : Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu (10/8/2022).

Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ini, RS UNS berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan supaya memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat. Bahkan RS UNS kini memiliki berbagai layanan unggulan.

Hal tersebut disampaikan Direktur RS UNS, Prof. Hartono saat memberikan sambutan dalam acara seremoni memperingati HUT ke-6 RS UNS bertempat di lobi RS, Rabu (10/8/2022). Dalam kesempatan tersebut Prof. Hartono menyampaikan perjalanan berdirinya RS UNS.

“RS UNS dirintis pada tahun 2008-2009 pada masa Rektor UNS Prof. Syamsul Hadi. Lalu RS UNS dibangun pada masa Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi dan sekarang RS UNS harus terus berakselerasi di bawah Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Agustus 2016 RS UNS resmi beroperasi,” terang Prof. Hartono.

Kini RS UNS memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 735 orang yang terdiri dari petugas kesehatan dan non petugas kesehatan.

Setelah 6 tahun beroperasi, saat ini RS UNS memiliki 18 jenis layanan. Diantaranya anak,obsgyin, penyakit dalam, bedah, jantung, mata, ortopedi, urologi,kulit dan kelamin, paru, THT-KL, saraf, anestesi, forensik, gigi dan mulut, kesehatan jiwa, klinik vaksin dan medical check up serta bedah digestive. “Hampir semua layanan dapat dilakukan di RS UNS,” terang Prof. Hartono.

Saat ini RS UNS memiliki layanan unggulan yang jarang dimiliki oleh RS lainnya. Diantaranya Klinik Gagal Jantung. Klinik ini berdiri sejak Agustus 2018. Klinik ini merupakan kelima di Indonesia dan pertama di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.

“Hingga saat ini merupakan klinik gagal jantung satu- satunya di Jawa Tengah yang direkomendasikan kelompok kerja Gagal Jantung dan Kardiometabolik Pengurus Pusat Persatuan Dokter Kardiovaskular Indonesia,” imbuhnya.

Kemudian RS UNS juga memiliki Cardiac CT Scan pertama di Jawa Tengah. Ini merupakan alat untuk pemeriksaan stratifikasi risiko pasien penyakit jantung coroner, pemeriksaan anatomi pembuluh darah koroner untuk pasien dengan nyeri dada serta untuk mengevaluasi potensi paska pemasangan ring jantung dan operasi bedah pintas ateri.

Lalu Cath Lab akan segera hadir di RS UNS. Alat ini digunakan untuk mendiagnosis dan penanganan berbagai penyakit jantung saraf dan penyakit lain. Kemudian RS UNS juga memiliki Polysomnography pertama di Soloraya yang dapat digunakan untuk mendiagnosis gangguan tidur. Lalu ada juga layanan unggulan berupa body phototherapy untuk terapi kulit dan ini merupakan pertama di Soloraya.

“Dengan layanan unggulan yang kami miliki, semoga bisa memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat sesuai tema HUT ke-6 yaitu Mitra Sehat Manfaat untuk Masyarakat,” imbuh Prof. Hartono.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi, Prof. Sajidan memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk RS UNS serta memberikan apresiasi atas kemajuan RS UNS. “Semoga di ulang tahun yang ke-6 ini, RS UNS dapat menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama. Dengan menjadi RS Pendidikan Utama, maka bisa menjadi harmonisasi luar biasa antara Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ,” ujar Prof. Sajidan.

Untuk menyemarakkan HUT ke-6 RS UNS, juga digelar berbagai kegiatan. Yaitu Webinar tentang Osteoporosis dan penanganannya, sosialisasi dan diskusi terkini tentang kesehatan di Car Free Day Solo, turnamen futsal dan berbagai lomba. (Edwi/Rill)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar