Ingatkan Generasi Muda Tentang Perjuangan Pahlawan Melalui Merti Bongso

KBRN Boyolali : Tidak lama lagi, masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-77.

Berbagai kegiatan digelar masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya dengan kegiatan Merti Bongso yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0724/Boyolali pada Selasa (09/08/2022).

Dijelaskan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Arm. Ronald Siwabessy bahwa kegiatan Merti Bongso berawal dari gempuran era globalisasi yang mengakibatkan generasi muda telah melupakan jasa dan perjuangan para pahlawan. Melalui peringatan HUT RI dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, pihaknya mengajak generasi muda untuk mengingat perjuangan para pahlawan.

“Mengingatkan generasi generasi muda kita bahwa kita ada dan hidup 77 tahun menikmati kemerdekaan ini, tentunya merupakan jasa dari para pahlawan yang telah mendahului kita. Oleh karena itu, perlu kita jaga dan kita lestarikan semangat kebangsaannya agar NKRI tetap jaya dan kita bisa dapat lebih maju lagi kedepan,” ungkap Dandim saat dijumpai di Kawasan Patung Soedirman Komplek Perkantoran Terpadu.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan kegiatan Merti Bongso tersebut berupa pembersihan patung patung pahlawan yang ada di Kabupaten Boyolali. Antara lain, Patung Soekarno di Boulevard Soekarno, Patung Jenderal Soedirman, Patung Jenderal Ahmad Yani Yani dan juga pembersihan Taman Makam Pahlawan “Ratna Negara”. Pembersihan ini mengandeng TNI/Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali, dan pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Boyolali.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat mengapresiasi atas kegiatan Merti Bongso yang digelar di Kota Susu. Menurut orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini, melalui pembersihan patung pahlawan dapat menumbuhkan rasa bersih jiwa dan pada akhirnya akan menumbuhkan cinta pada bangsa tanpa melupakan jasa jasa para pahlawan yang sudah memerdekakan negeri ini.

“Memberikan pembelajaran pada generasi generasi muda di Kabupaten Boyolali ini bahwa kita ada karena ada pula jasa-jasa para pahlawan bangsa ini. Maka ketika kita menjadi bagian dari generasi yang sekarang dan yang akan datang harus terus mampu untuk menumbuhkan cinta kita kepada bangsa negara dan terus mengingat jasa para pahlawan,” pungkas Bupati Said. (kisno/ep)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar