Tasyakuran Kedatangan Jamaah Haji, Bupati Klaten : Jaga Kemabruran

KBRN,Klaten: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar tasyakuran dan doa bersama kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Klaten. Acara tersebut digelar di Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Selasa (9/8/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, jajaran Forkopimda Klaten, dan sejumlah tokoh agama Islam Kabupaten Klaten. Serta para jamaah haji tahun 2022.

Ketua Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) Kabupaten Klaten 2022, Joko Purwanto menyampaikan Pemkab Klaten berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk calon jemaah haji. Meskipun momentum haji tahun ini hampir bersamaan dengan HUT Kabupaten Klaten dan HUT RI. 

Di tahun ini, sebanyak 493 jamaah Haji asal Klaten berangkat ke Tanah Suci dan diberangkatkan dalam tiga kloter.

“Alhamdulillah semua kegiatan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar serta bisa tiba kembali ke Tanah Air dengan sehat dan selamat. Berangkat utuh pulang utuh,” kata Asisten Pemerintah dan Kesra Kabupaten Klaten ini.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani mengucapkan selamat datang ke kampung halaman bagi seluruh jamaah Haji. Ia bersyukur seluruh jamaah Haji asal Klaten pulang dalam kondisi selamat dan sehat hingga tiba di Kabupaten Klaten.

“Puji syukur jamaah yang diberangkatkan, dapat pulang dengan lengkap dan insya Allah mabrur. Meskipun saya mendapatkan kabar ada jamaah haji Klaten yang meninggal setelah seminggu pulang dari Tanah Suci, semoga meninggal dalam husnul khotimah,” paparnya.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada seluruh jamaah yang telah menunaikan seluruh rukun dan syarat ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima tanpa kurang suatu apapun. Dalam kesempatan tersebut, ia juga berpesan kepada jamaah haji Klaten untuk senantiasa menjaga kemabruran ibadah haji yang telah ditunaikan.

Ia mengatakan kemabruran bukan hanya status seseorang telah menuntaskan rangkaian seremonial ibadah haji, namun memberikan perubahan ke arah positif baik bagi diri sendiri maupun sekitarnya.

“Pertama syukurilah hidayah dan nikmat yang diberikan Allah karena telah memenuhi panggilan ilahi untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji.Ungkapan rasa syukur tersebut tercermin dalam sikap pola pikir dan terutama tutur kata tindak tanduk yang semakin arif dan tawadu, dalam kehidupan keluarga maupun di tengah masyarakat dan lingkungan kerja," pinta Bupati. 

Selain itu bupati berpesan agar jemaah ini memperbanyak amal ibadah dan amaliyah, baik untuk pribadi, kepentingan syiar agama Islam, maupun kemaslahatan dan kesejahteraan umat. Terutama di sekitar tempat tinggal bapak ibu sekalian. Ini penting karena kebajikan tersebut sangat besar dan ada gunanya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

"Yang tidak kalah pentingnya ikut menjaga dan menggalang persaudaraan haji. Keharmonisan yang dilandasi saling asah asih asuh ini diharapkan tidak saja memperkokoh ukhuwah Islamiyyah, namun juga memberikan barokah untuk segenap komponen bangsa dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional,” ungkap Sri Mulyani. Adam Sutanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar