Taat Bayar Pajak, 15 Wajib Pajak di Kota Surakarta Bawa Pulang Hadiah Motor Hingga Barang Elektronik

Salah satu pemenang hadiah sepeda motor.

KBRN, Surakarta: Sebanyak 15 wajib pajak di Kota Surakarta yang telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) lebih awal, mendapat hadiah undian PBB tahap pertama, Rabu (6/7/22). Suasana haru dan bahagia terpancar dari pemenang undian Pajak Bumi dan Bangunan tahap pertama, yang diserahkan secara simbolis diwakili Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. 

Hadiah mulai dari sepeda motor hingga peralatan elektronik. Pengundian yang dilaksanakan pada 25 Mei lalu ini guna mengapresiasi wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak PBB-P2 tahap 1 tahun 2022. 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Surakarta, Tulus Widayat mengapresiasi masyarakat yang taat dan tepat waktu dalam pembayaran pajak. 

"Ini adalah rangkaian dari kegiatan tanggal 25 Mei 2022, di mana pada hari itu telah dilakukan undian PBB tahap pertama Tahun 2022 dengan hadiah utama 5 sepeda motor Honda PCX, 5 kulkas 2 pintu, dan 5 televisi LED 42 inch," jelasnya.

Lebih lanjut, Tulus mengatakan realisasi PBB hingga tanggal 5 Juli baru Rp 30,3 Miliar atau 32 persen. Maka untuk meningkatkan realisasi PBB hingga akhir tahun, pihaknya melakukan beberapa upaya, salah satunya yakni dengan safari PBB di 6 kelurahan.

"Terakhir kemarin sampai dengan bulan Juli, dari 6 kelurahan bisa meraih 454 juta lebih. Dengan 2195 WP. Kita sasar di kelurahan Joglo, Kadipiro, Banjarsari, Karangasem, Jajar, dan Kerten," ungkapnya.

Diakui Tulus, dengan upaya itu hingga bulan Juli, bisa meraih sekitar Rp 454 juta, dengan sasaran 2.195 wajib pajak. Selain itu, safari PBB ini juga untuk optimalisasi dan validasi Data SPPT PBB. Kegiatan safari PBB ini terus digenjot hingga akhir triwulan keempat.

"Harapannya nanti di tahun 2023, tingkat validitas SPPT PBB bisa meningkat. Ini terus kami genjot sampai nanti pada akhir triwulan keempat, untuk program safari PBB ini di kelurahan yang lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pemenang sepeda motor undian PBB tahap pertama, Kusmiati mengaku senang dan terkejut mendapat informasi memenangkan undian PBB. 

"Dapat hadiah sepeda motor, ini yang dapat mbahe, tapi kan sudah meninggal, jadi yang menerima cucunya," ungkapnya.

Pada awalnya ia merasa ragu saat memperoleh surat pemberitahuan pemenang undian PBB. Akan tetapi, setelah 4 orang petugas dari Pemkot Surakarta datang langsung ke rumahnya meberi tahu jika ini merupakan undian resmi. 

"Ikut (pembayaran) online tercepat itu loh. La terus ndak tau kok ada edaran datang, katanya dapat hadiah motor, dikira tipu-tipu. Ternyata pihak balai kota datang ke rumah ada 4 orang kalo ini undian resmi," jelasnya.

Kusmiati mengatakan PBB yang ia bayarkan lebih awal merupakan tanah warisan orang tuanya. 

"Mbah'e udah meninggal, tapi namanya masih keluar. Dapat surat tanggal 1 Juni, terus tanggal 5 disuruh ke balaikota," pungkasnya.

Adapun Pemkot Surakarta memberikan hadiah berupa 5 buah sepeda motor, 5 buah kulkas 2 pintu dan 5 TV 42 inch. 

Sementara yang beruntung mendapat hadiah di antaranya dari Kecamatan Jebres: Samini, Sukini, dan Suparno; Kecamatan Laweyan: Sutarto, Warjinah, dan Agus Rahmansyah; serta Kecamatan Pasar Kliwon: Untung Sarjono, Sunardi, dan Sastro Darsono / Sunten. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar