22 Pejabat Bersaing Seleksi Terbuka Kepala OPD, Jabatan Kepala Dishub Paling Ramai

Kepala BKP-SDM Surakarta Dwi Ariyatno saat memberikan keterangan pers di Balaikota.

KBRN,Surakarta: Sebanyak 22 pejabat eselon mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk mengisi kekosongan lima kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari lima kepala dinas yang kosong, Kepala Dinas Perhubungan paling diminati.

Adapun jabatan Kepala Dinas yang dilelang adalah, Kepala Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Dari rekapitulasi panitia seleksi (pansel), jabatan Kepala Dishub merupakan formasi yang paling diminati pendaftar. Ada delapan pelamar untuk jabatan itu. Adapun berturut-turut formasi berikutnya yang paling diincar pelamar adalah Kepala Diskominfo SP, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala DLH dan Kepala Dispora.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM), Dwi Ariyatno mengatakan, awalnya ada 27 peserta yang mendaftar untuk lima lowongan kepala dinas itu. 

"Tapi hanya 22 peserta yang lolos seleksi administrasi. Sisanya tidak lolos karena belum memenuhi syarat,” ungkap Dwi Ariyatno, Selasa (5/7/2022).

Dikatakan Dwi, kini proses seleksinya sudah masuk tahapan uji kompetensi dan potensi melalui asesmen LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS), yang ditunjuk pansel. Uji kompetensi berlangsung dua hari, sejak Senin (4/7).

"Jika dinyatakan lulus uji kompetensi dan potensi, peserta akan mengikuti tes psikologi hingga diskusi kasus terbatas," jelas Dwi.

Mereka yang memenuhi syarat penilaian berhak melanjutkan seleksi ke uji pemaparan gagasan, yang meliputi paparan rencana kerja, rencana perubahan dan rencana inovasi. Kemudian tiga besar pelamar di tiap formasi kepala OPD dilaporkan pansel kepada wali kota.

“Seleksi ditargetkan sudah selesai Agustus, tinggal menunggu pelantikan,” terang Dwi. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar