Siap-siap Jalan Ditutup, Jembatan Mojo Mulai Agustus, Jembatan Jurug Mulai September

KBRN, Surakarta: Proyek renovasi Jembatan Mojo dan Jabatan Jurug Kota Solo akan direalisasikan hampir bersamaan. Jembatan Mojo akan ditutup untuk akses pengendara mulai Agustus. Adapun pelaksana proyek perbaikan Jembatan Jurug akan menutup jalur kendaraan mulai September. 

“Rencananya akses kendaraan yang melintas di Jembatan Mojo akan ditutup mulai minggu kedua Agustus, menyesuaikan schedule pembongkaran jembatan lama,” kata perwakilan kontraktor pelaksana perbaikan Jembatan Mojo, Agung Ari Widodo saat jumpa pers di Kantor Dinas Perhubungan Surakarta, Senin (4/7/2022).

Agung menambahkan penutupan jalur kendaraan itu akan dilakukan bertahap. Ia juga memastikan, pengendara kendaraan roda dua tetap bisa melintasi Jembatan Mojo selama penutupan.

“Pembongkaran jembatan dilakukan per bentang, sehingga lalu lintas bisa dipindahkan ke sebelahnya. Tapi hanya motor yang kami rekomendasikan, karena mobil terlalu beresiko," jelasnya.

Kontraktor juga akan memprioritaskan perbaikan pada malam hari, guna mengurangi potensi hambatan lalu lintas. “Kalau pun ada penutupan total, kami usahakan hanya beberapa jam pada malam hari. Kami targetkan perbaikan Jembatan Mojo ini bisa selesai November,” jelas Agung.

Sementara itu kontraktor pelaksana perbaikan Jembatan Jurug, Hernowo Indra menjelaskan, penutupan jalur kendaraan di jembatan tersebut dimulai pertengahan September. Pada saat itu, kontraktor berencana membongkar struktur bangunan lama.

“Tapi sama dengan Jembatan Mojo, masih ada Jembatan Jurug C yang bisa dilalui kendaraan. Nanti akan dibuat sistem contra flow (lawan arus) di Jembatan Jurug C. Yang kami bongkar ini kan Jembatan Jurug B,” terang dia.

Jembatan Jurug B baru dibuka untuk pengendara, jika perbaikan yang dijadwalkan berlangsung hingga awal Desember 2023 itu selesai. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar