Pemkab Karanganyar Siapkan 20 Domba Jelang Hari Raya Idul Adha

KBRN, Karanganyar: Pemerintah Kabupaten Karanganyar mulai menyiapkan penyediaan hewan kurban jelang perayaan Hari Raya Idul Adha.

Tahun ini, pemkab Karanganyar menyediakan 20 ekor domba yang akan dibagikan ke berbagai titik saat hari raya Idul Adha.

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat di konfirmasi RRI mengatakan, pemilihan domba sebagai hewan kurban dimaksudkan agar lebih mudah dalam distribusi ke masyarakat.

Menurutnya, dalam proses penyaluran dari lokasi pembelian hewan menuju tempat penyembelihan di sejumlah titik akan lebih mudah domba dibanding bila berkurban menggunakan sapi.

"Syariat yang paling pas, pilihan kita lebih ke domba, itu lebih simple, bisa didistribusi dengan cepat ke titik-titik yang memang butuh," jelas Juli, Senin (4/7/22).

Disamping itu, lanjut Juliyatmono, domba juga menjadi salah satu hewan yang tertulis dalam syariat sebagai hewan kurban. Apabila dibandingkan dengan sapi, jumlah yang bisa dibagikan ke banyak lokasi dengan nilai total anggaran tertentu yakni hewan domba.

"Iya, cepat domba, sudah lama kita pilih itu. Kalo sapi kan harus berembuk dengan 7 orang," katanya.

Juliyatmono menambahkan, pembagian hewan kurban akan menyasar ke sejumlab masjid dan juga panti asuhan di lingkup wilayah Kabupaten Karanganyar.

"Nanti, ada yang ke masjid, ya sesuai dengan wilayahnya, bisa juga ke panti.Pendekatan ke situ," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Setda Karanganyar, Ali Kodri mengungkapkan, anggaran untuk pengadaan hewan kurban yang disediakan Pemkab tahun ini senilai 70 juta rupiah. Nilai tersebut dapat dimaksimalkan untuk pengadaan hewan kurban jenis domba sebanyak 20 ekor.

"Intinya, pemerintah secara resmi melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban itu, dititipkan di titik-titik tertentu sesuai arahan pak Bupati.

Jumlahnya 20 domba, nilai anggaran 70 juta," paparnya.

Dikatakan Ali, pemilihan domba sebagai jenis hewan yang dibagikan saat hari raya Idul Adha sudah dilakukan Pemkab Karanganyar sejak 2019 lalu. Seluruhnya menggunakan dana dari APBD Karanganyar.

"Sejak 2019 itu sudah domba. Kalo donba kan lebih merata, dalam arti bagian dari cara beliau menyapa masyarakat. Menggunakan APBD masuk di bagian Kesra," bebernya. 

Lebih lanjut, Ali menyebut, untuk lokasi penyerahan hewan kurban masih menunggu arahan dari Bupati Karanganyar. Meski begitu, menurut Ali, Bupati telah melakukan inventarisasi terkait lokasi penerima hewan kurban dari Pemkab Karanganyar.

"Kita tunggu nanti dawuh dari pak Bupati. Beliau sudah menginventarisir lokasi yang akan kita kirim kambing," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar