Ini Tempat Penjualan Sapi dan Kambing Kurban di Surakarta

Sapi.

KBRN, Surakarta: Tempat penjualan hewan kurban di Jalan Sumpah Pemuda Mojosongo, Jebres, Surakarta menyiapkan 170 sapi jenis Bali, Madura dan lokal dan 600 kambing jenis Jawa untuk Hari Raya Idul Adha 1443 H pada Sabtu (8/7) dan Minggu (9/7/2022) mendatang.

Salah satu pengelola, Kiswanto (65) menyebut rata-rata harga sapi dibanderol mulai dari Rp 19.600.000 hingga Rp 24.000.000 tergantung jenis dan beratnya. Sedangkan untuk kambing, dibanderol mulai Rp 2.100.000 hingga Rp 4.500.000. Harga sapi dan kambing tersebut telah mengalami kenaikan jika dibandingkan hari biasanya.

“Saat Idul Adha memang mengalami kenaikan, nanti kalau sudah hari biasa, akan kembali normal lagi,” kata Kismanto, Senin (4/7).

Adapun jumlah sapi maupun kambing tahun ini pihaknya menyebut tak jauh berbeda dengan Idul Adha tahun 2021.

“Tahun lalu 176 kita stoknya hampir sama dengan tahun lalu untuk sapi sekarang 170, kambingnya 600,” kata Kiswanto.

Sudah berjualan sejak 20 tahun yang lalu, tempat penjualan di depan SPBU Mojosongo ini memang dikhususkan untuk menyediakan hewan kurban Idul Adha hingga Hari Tasyrik tiba yakni pada 11,12 dan 13 bulan Zulhijjah

Tercatat  hingga Senin (4/7/2022) pukul 12.00, dirinya sudah menjual kurang lebih 160 ekor kambing dan sapi. Diprediksi nantinya jumlah penjualan sapi dan kambing kurban masih bisa bertambah mengingat masih ada 5 hari menuju Idul Adha dan 3 hari Tasyrik.

Untuk penjualan, pihaknya berani menyediakan stok dalam jumlah besar karena sudah memiliki pangsa pasar dari grup pengajian dan juga mendapat peluang pembeli di luar grup. Bahkan, Kiswanto menyebut, hingga hari ini, pihaknya masih kekurangan 4 stok sehingga masih akan mencari lagi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Sudah terjual kalau kambing sama sapi kan komunitas kita, punya pembeli yang pangsa pasarnya sudah terbentuk komunitas pengajian. Kita berani nyetok karena ada jaminan nanti semuanya habis,” ujar Kiswanto.

Tak hanya menyediakan penjualan hewan beserta perawatannya, Kiswanto juga melayani jasa penyembelihan hewan kurban tanpa dipungut biaya apapun alias gratis saat Hari Raya Idul Adha sampai Hari Tasyrik.

“Jadi, nanti sampai ke pembeli sudah berbentuk besekan, tapi waktu penyembelihan, pemilik kambing atau sapinya datang kesini untuk menyaksikan prosesnya,” ucap Kiswanto.

Meski Idul Adha 2022 ini dalam masa pnyeebaran wabah Penyakit Kuku dan Sapi (PMK), Kiswanto berani menjamin, hewan yang ia jual dirawat dan dijaga kesehatannya. Yang mana pada hari ini juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Solo.

Setiap harinya terdapat dua dokter hewan yang selalu mengintrol kesehatan dan memberikan obat hewan ternaknya agar terhindari PMK hingga Hari Tasyrik nanti.

“Alhamdullilah di sini (kios miliknya) bebas dari PMK karena waktu sapi dan kambingnya mau datang, kandang kami semprot desinfektan,” tutup Kiswanto. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar