CFD Boyolali Akan Kembali Digelar, Kendaraan Bermotor Dilarang Masuk Area CFD

KBRN Boyolali : Kegiatan Car Free Day (CFD) di Kabupaten Boyolali bakal digelar kembali setelah terhenti beberapa waktu akibat pandemi Covid-19 yang melanda.

Menurut rencana, kegiatan CFD Kabupaten Boyolali akan digelar setelah Hari Raya Idul Adha atau tepatnya pada Minggu (17/7/2022) pagi dengan aturan pelaksanaan CFD yang lebih tegas.

Dijelaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali  Masruri, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) akan lebih tegas terkait area CFD yang harus bebas dari kendaraan bermotor.

“Namanya Car Free Day, bebas asap bebas bahan bakar. Jadi misalnya akan jualan, motor atau mobil diletakkan di tempat parkir yang sudah tersedia,” ungkap Masruri saat dijumpai di ruang kerjanya pada Senin (4/7/2022).

Ditambahkan pula olehnya, penjual atau pedagang CFD akan diutamakan masyarakat yang berasal dari Kabupaten Boyolali.

“Yang jualan orang Boyolali semua, jangan orang luar kota. Karena ini Car Free Day untuk Boyolali, jadi diutamakan orang Boyolali,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kabupaten Boyolali, Didik Riyanto menyatakan bahwa pedagang yang akan berjualan di CFD Boyolali dapat berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Boyolali. Hal tersebut dilakukan untuk pendataan dan pelaporan penjual CFD. Pihaknya juga meminta kepada para pedagang agar tertib dalam berjualan.

“Tidak usah berebut tempat. Tempat tetap sudah disediakan dari sepanjang jalur yang digunakan dan jangan jualan di tengah jalan tetap di pinggir karena di tengah itu haknya orang pengguna Car Free Day,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Seperti yang diketahui, Pemkab Boyolali akan kembali menggelar CFD setiap Hari Minggu pada pukul 05.30 WIB hingga 08.30 WIB. CFD Boyolali berlokasi mulai dari depan Kantor Polsek Boyolali Kota hingga di perempatan lampu merah Taman Pandanalas Boyolali.

Masyarakat yang akan datang ke kegiatan CFD, dapat memanfaatkan jam bebas kendaraan tersebut untuk sekedar berjalan jalan dan berolahraga seperti senam dan lainnya. Selain kegiatan olahraga, akan ada hiburan musik yang biasanya digelar di Kawasan Monumen Susu Murni Boyolali.

Bagi masyarakat yang hobi kuliner, akan ada pedagang kuliner yang akan berjualan di pinggir kawasan CFD ditambah dengan para pedagang pakaian hingga kerajinan tangan yang menambah semarak CFD Boyolali. (kisno/ep)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar