Menparekraf Dorong Realisasi Internasional Direct Flight ke Surakarta

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

KBRN, Surakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta dalam merealisasikan penerbangan internasional langsung atau direct flight ke Surakarta. Pihaknya bahkan akan segera melakukan koordinasi dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) terkait pembukaan direct flight tersebut.

Sandi mengatakan realisasi direct flight tersebut menjadi projektori yang sangat positif bagi peningkatan pariwisata di daerah. Terlebih event Asean Toursm Forum akan digelar di Indonesia.

Sandi mengaku dirinya bersama Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka telah melakukan koordinasi dengan beberapa maskapai untuk mengajukan izin terkait pembukaan penerbangan internasional tersebut.

"Tadi saya atas permintaan Pak Wali sudah berhubungan dengan beberapa maskapai untuk mengajukan ijin itu dibantu oleh Mas Wali dengan rekomendasi saya akan langsung berkomunikasi dengan Pak Menteri Perhubungan untuk menambah penerbangan langsung dari luar negri ke Solo," kata Sandiaga usai menghadiri acara Workshop Kota Kreatif di Surakarta, Sabtu (2/07/2022).

Lebih lanjut, Sandi berjanji akan mempercepat proses perijinan pembukaan direct flight tersebut. Ia memprediksi sekitar 3-4 bulan ke depan, Surakarta akan memiliki internasional direct flight, yang sempat hilang di Bandara Internasional Adi Soemarmo.

"Apalagi ada Asean Paragames (APG) 2022 event yang besar ini kan perlu direct connection Kan next yang paling dekat G20," katanya.

Sandi memprediksi direct flight yang selama ini paling diminati yakni tunjuan Changi Singapura dan KLIA Malaysia. Melihat event nasional maupun internasional yang ada di Surakarta, ia optimis bisa menjadi sarana kebangkitan yang bisa diwujudkan bersama.

Dikesempatan yang sama, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka bahkan sempat mengeluhkan hilangnya direct flight ke Surakarta tersebut. Ia mengaku pada saat duduk di bangku SD dan SMP dirinya sering bolak balik ke Singapura melalui bandara Adi Soemarmo, namun saat ini tidak ada lagi.

"Aku tu kat zaman SD SMP bolak balik ko Singapore ko Solo lho saiki malah hilang," ungkapnya.

Menurutnya, adanya event ASEAN Para Games ini akan kembali menghidupkan rute yang selama ini hilang. 

"Sudah saya sampaikan ke beliau saat keluar pesawat langsung tadi, bukan untuk Para Games saja tapi juga untuk pariwisata kita kedepan, kita gembar gembor promosi ra ono direct flight e percuma," katanya. 

Untuk mewujudkan kembali internasional direct flight tersebut Gibran bahkan meminta tolong ke sejumlah kementrian dan BUMN untuk membuka kembali rute penerebangan dari Surakarta ke luar negeri. Pihaknya mentarget direct flight tersebut akan segera terealisasi pada bulan Juli ini.

"Ya paling tidak kalau tidak bisa langsung ke Solo, transit Jakarta juga bisa. Saat ini sedang dipersiapkan ini tergantung para-para menteri," pungkasnya. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar