Kloter Terakhir SOC Embarkasi Solo Mulai Masuk Asrama Haji

KBRN, Boyolali: Kloter Terakhir dari SOC Embarkasi Solo mulai memasuki asrama haji Donohudan, Boyolali, Sabtu (2/6/22) pagi.

Mereka merupakan Kloter 43 dari gabungan rombongan jemaah calon haji dari Kabupaten Sleman, Purbalingga, Kota Tegal dan Kota Pekalongan.

Pantauan RRI, para rombongan tiba di asrama haji Donohudan sekira pukul 08.00 WIB . Setibanya di Asrama Haji, para rombongan jemaah calon haji langsung mengikuti serangkaian kegiatan serah terima jemaah di gedung Musdalifah Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Dalam prosesi serah terima jemaah, dihadiri langsung oleh, Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Dalam sambutannya saat penyerahan jemaah, Wakil Walikota Pekalongan, Salahudin mengatakan, momentum keberangkatan haji adalah suatu hal yang istimewa, karena para jemaah menjadi tamu Allah di tanah suci Mekkah.

"Jemaah bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba bekal yang baik sebanyak-banyaknya untuk menjalani kehidupan maupun bekal di akhirat nanti," katanya.

Selain itu, Salahudi juga mengingatkan agar para jemaah lebih mementingkan rasa saling tolong menolong dibandingan dengan rasa ego diri sendiri mengingat nantinya para jemaah akan bergabung dengan jutaan jemaah haji dari seluruh dunia.  

"Pentinganya rasa tolong menolong ini juga agar para jemaah selama menjalani ibadah haji dapat terasa mudah dan selamat hingga nantinya kembali ke tanah air," katanya.

Sementara itu, Pejabat Humas PPIH Embarkasi Solo, Syarif Syahrul Samsudin mengatakan, kloter 43 ini berjumlah 347 jemaah dengan rincian jemaah haji asal Pekalongan 162 orang, dari Sleman 30 orang, Purbalingga 39 orang, dan kota Tegal 109 orang.

"Rencananya mereka akan diberangkatkan pada minggu dini hari nanti sebagai pemberangkatan terakhir dari SOC Embarkasi Solo," katanya.

Selain menerima kloter 43, PPIH Embarkasi Solo pada hari yang sama  juga memberangkatkan kloter 42 pada pukul 17.30 WIB sore Prosesi persiapan akan dilakukan sejak pujul 14.00 WIB nanti.

"Untuk total jumlah jemaah yang sudah diberangkatkan oleh PPIH Embarkask Solo hingga kloter 41 sebanyak 14.735 jemaah. Seluruhnya telah tiba di tanah suci Mekkah," paparnya.

Adapun dari catatan PPIH Embarkasi Solo, jemaah yang sakit dari kloter 1 hingga 41 sudah dalam kondisi baik dan dinyatakan layak terbang.

Hal itu termasuk dengan jemaah haji asal kabupaten Boyolali yang sempat mendapat perawatan medis di Deli  Serdang, Sumatra Utara.

Rencananya, seluruh jemaah sakit yang sudah dinyatakan layak terbang, akan di berangkatkan bersamaan dengan kloter 43 yang menjadi kloter pemberangkatan terakhir dari SOC Embarkasi Solo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar