Formasi Terpenuhi, Lelang Jabatan Kepala Dinas di Solo Lanjut ke Seleksi Administrasi

Kepala BKP-SDM Surakarta Dwi Ariyatno saat memberikan keterangan pers di balaikota.

KBRN, Surakarta: Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemkot Solo batal melakukan perpanjangan pendaftaran calon Kepala Dinas. Pasalnya detik-detik akhir jelang penutupan pendaftaran lima formasi jabatan Kepala Dinas pesertanya terpenuhi.

Data yang dihimpun dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia BKP-SDM Solo hingga Rabu pukul 21 setidaknya 24 ASN telah mendaftar seleksi lima kepala dinas. Dari jumlah tersebut lima formasi yang dilakukan open bidding (lelang jabatan) terpenuhi.

Meliputi Kepala Dinas Lingkungan Hidup terdapat 5 pendaftar. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika 6 pendaftar.

Sedangkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga 7 pendaftar. Sementara untuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Perhubungan masing-masing 3 pendaftar.

Seiring telah terpenuhinya formasi yang dibutuhkan maka seleksi jabatan akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Rencana perpanjangan pendaftaran calon Kepala Dinas dibatalkan.

"Dilanjutkan sesuai jadwal dan tidak ada proses perpanjangan. Tahap berikutnya verifikasi administrasi dilanjutkan pengumuman," kata kepala BKP-SDM Solo Dwi Ariyatno, Rabu malam.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran Open Bidding (lelang jabatan) lima kepala dinas di Pemerintah Kota Solo sepi peminat.

Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemkot Solo minimal membutuhkan setidaknya 15 ASN. Setiap formasi minimal tiga pendaftar. 

Pendaftaran lelang jabatan lima kepala dinas mulai dibuka pada 22-29 Juni 2022. Kelima posisi jabatan kepala dinas yang dilelang, yakni, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Perhubungan (Dishub). 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku kelima posisi yang kosong merupakan posisi strategis dilingkungan Pemkot Solo. Dirinya yakin detik-detik terakhir jelang penutupan pendaftaran akan terpenuhi.

Tidak apa-apa hari-hari terakhir lak kebak (akan penuh pendaftar, itu semua posisi strategis," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, saat di Gedung DPRD Solo, Rabu (29/6/2022).

Ada dugaan, para ASN minder mendaftar karena takut bekerja dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Mengingat, kelima posisi yang dilelang banyak berinteraksi dan krusial dilingkungan Pemkot Solo. "Tenang saja, nek takut yo rasah kerjo (kalau takut, jangan kerja)," tandas Gibran. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar