PLN Bantu Biaya Sambung Listrik Gratis ke 138 Keluarga di Wonogiri Sebagai Wujud Energi Berkeadilan

KBRN Wonogiri : PT PLN (Persero) UP3 Sukoharjo memberikan bantuan sambungan listrik gratis bagi 138 keluarga kurang mampu di Kabupaten Wonogiri.

Kehadiran listrik sangat membantu warga dalam beraktivitas serta mendorong perekonomian.

Acara Penyerahan Bantuan Sambung Listrik Gratis di Kabupaten Wonogiri ini dilakukan oleh Manager PLN UP3 Sukoharjo, Luky Artanti didampingi oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, beserta jajaran.

Secara simbolis penyerahan bantuan tersebut diberikan kepada salah satu warga penerima manfaat di Dusun Wonoharjo, Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri pada Rabu, (29/6/2022).

Di sela acara penyalaan bantuan listrik gratis, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo berharap hadirnya listrik gratis dari PLN ini dapat bermanfaat buat para penerima manfaat.

“ Semoga kehadiran listrik gratis dari PLN dapat bermanfaat buta warga penerima manfaat,” ujar Bupati Jekek panggilan akrabnya

Manager PLN UP3 Sukoharjo, Luky Artanti mengatakan bantuan Sambung Listrik Gratis kepada warga tidak mampu ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJLS) PLN Peduli.

“Salah satu mandat pancasila sila ke lima adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami sebagai BUMN hadir untuk mewujudkan mandat ini melalui menghadirkan listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia, semoga bantuan ini dapat meringankan beban Bapak Nano sekeluarga” terang Luky.

Menurutnya, pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia. Rumah penerima bantuan akan mendapatkan listrik dengan daya 450 Volt Ampere (VA).

Tak hanya itu, bantuan juga meliputi pembuatan instalasi di dalam rumah dengan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

"PLN menyediakan bantuan sambung listrik gratis 138 pelanggan satu pelanggannya bantuannya Rp 1 juta baik itu penyambungan maupun instalasi di dalam rumahnya," ujarnya.

Dalam menyediakan listrik PLN hanya berkewajiban membangun jaringan untuk memasok listrik ke rumah pelanggan. Sementara untuk pembuatan instalasi di dalam rumah dan biaya penyambungan listrik  menjadi tanggung jawab pelanggan. Tetapi dengan adanya bantuan ini seluruh biaya tersebut ditanggung oleh PLN.

"Bantuan biaya penyambungan listrik gratis ini merupakan bentuk kepedulian PLN bagi masyarakat tidak mampu, serta sebagai upaya dalam pemerataan kelistrikan di seluruh Indonesia, selain itu juga sebagai wujud hadirnya negara melalui akses energi," ungkap Luky.

 Salah satu penerima manfaat, Nano Sutarno (54) adalah seorang buruh tani serabutan di Dusun Wonoharjo mengaku sangat bersyukur karena kini rumahnya telah dilistriki oleh PLN. Kehadiran listrik sangat membantu keluarganya dalam beraktivitas.

"Maturnuwun PLN, atas bantuan listrik gratisnya yang diberikan kepada kami, semoga PLN semakin Jaya," ujar Nano.

Nano merasa sangat bersyukur karena mendapatkan bantuan penyambungan listrik dari PLN. Saat ini Nano tinggal bersama istrinya, di mana sebelumnya menyalur listrik dari Masjid yang berada di seberang rumahnya.

Sebelumnya listrik yang ada menyalur dari Masjid sebelah rumah dan kini saya memiliki listrik sendiri, maturnuwun PLN," kata Nano. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar