Gelar Konferensi 2 Juli, PWI Surakarta Buka Pendaftaran Calon Ketua Masa Bakti 2022-2027

Kantor PWI Kota Surakarta.

KBRN, Surakarta: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta bakal menggelar konferensi organisasi menurut rencana di Monumen Pers Nasional Solo, Sabtu (2/6/2022) mendatang.

Menurut Ketua Panitia Konferensi PWI Surakarta 2022, Ade Ujianingsih, konferensi digelar menyusul berakhirnya kepengurusan Surakarta masa bakti 2016-2021.

Untuk itu sesuai Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT) PWI maka roda organisasi harus berganti melalui konferensi.

Acara tersebut akan dihadiri oleh para pengurus dan pemilik suara, anggota hingga tamu undangan di antaranya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

"Acara digelar Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 08.00 WIB hingga selesai, lokasi  di Monumen Pers Nasional (MPN), Jalan Gajah Mada, Kota Solo," kata dia di Sekretariat PWI Surakarta, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut Ade menjelaskan, adapun agenda konferensi yakni pembacaan LPj kepengurusan masa bakti 2016-2021, pemilihan ketua hingga pemilihan tim formatur, dan pembahasan lainnya.

Konferensi dan pemilihan ketua juga disaksikan langsung oleh pengurus PWI Pusat yang dipimpin Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh.

"Acara diawali dengan reigistrasi, pembacaan LPj hingga pemilihan ketua," jelas dia.

Sementara menjelang konferensi, kata Ade, Panitia Konferensi PWI Surakarta 2022 membuka membuka pendaftaran calon ketua. Adapun pendaftaran dibuka mulai besok Rabu 29 Juni hingga 2 Juli 2022 mendatang.

Sesuai Peraturan Dasar (PD) PWI BAB V Tentang Pengurus Pasal 24, ada sejumlah syarat menjadi Ketua PWI setara provinsi. Di antaranya sudah menjadi anggota biasa sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun hingga pernah menjadi pengurus.

"Pendaftaran diterima di Sekretariat PWI Surakarta. Bakal calon silakan mengisi formulir dan melengkapi persyaratan administrasi sesuai PD/PRT PWI," ungkap dia.

Disinggung apakah ada nama-nama yang muncul, Ketua Konferensi, Ade menambahkan, jika selama beberapa bulan mendekati konferensi ada nama bakal calon yang muncul.

Mulai dari Puspita, Sri Hartanto, Setyo Wiyono, Suwarmin, Anjar Hari Wartono, Asep Abdullah Rowi dan lainnya.

"Masih ada anggota PWI lain yang berpotensi menjadi ketua seperti Setyo Wiyono termasuk nama Anas Syahirul, ketua saat ini karena baru sekali," jelasnya.

Saat ditanya tentang pelaksanaan konferensi, Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul mengatakan bahwa persiapan konferensi sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. 

"Beberapa kali pelaksanaan tertunda karena sejumlah hal. Masa Kepengurusan juga diperpanjang oleh PWI Pusat lantaran pandemi covid-19," kata dia.

Disinggung apakah dirinya masih berkenan memimpin PWI Surakarta untuk periode berikutnya, Anas menyarankan agar ada sosok lain yang bisa meneruskan sehingga proses regenerasi bisa berjalan lebih cepat. (Wiwid Wida)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar