Belum Beroperasi, Holywings di Solobaru Terkendala Pendirian Bangunan, DPMPTSP : PBG Belum Keluar

KBRN Sukoharjo : Holywings yang rencananya dibangun di kompleks The Park Mall, Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sukoharjo hingga saat ini belum terealisasi.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sukoharjo, Roni Wicaksono, ijin usaha holywings sudah keluar. Namun belum dengan bangunannya.

"Ijin usahanya OSS otomatis, kecuali yang eceran minuman beralkohol sama bar, itu tidak diajukan kembali. Jadi yang dibuka restoran, kedai makan, kemudian pertunjukan seni bukan asusila. Seni menurut OSS itukan bisa seni tradisional, konser dan lain sebagainya," ungkap Roni Wicaksono, Selasa (28/06/2022).

Ditambahkan Roni, Holywings Solo Baru secara mandiri sudah mengajukan ijin usaha secara online. Sehingga pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk mengijinkan.

"Yang mengeluarkan ijin dari lembaga OSS itu, jadi mandiri mengajukan ijin karena resikonya rendah. Keluar sendiri NIB (Nomor Ijin Berusaha)  dan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) keluar. Tapi yang jadi masalah pendirian bangunan karena memang belum ada persetujuan bangun gedung (PBG).

Karena persyaratannya kelihatannya masih ada yang kurang itu," sambung Roni.

Pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sukoharjo mengaku telah beberapa kali menjalin komunikasi dengan pihak pengelola Holywings di Solo Baru.

Kemudian diketahui bahwa tidak ada lagi pengajuan jenis usaha minuman beralkohol dan juga bar.

"Ini terakhir pantauan kami terhadap ijin-ijin mereka. Jadi yang menjadi masalah memang PBGnya belum keluar, jadi belum bisa bangun gedung. Kalau ijin usahanya yang ada hanya yang saya sebutkan 4 tadi restoran, kedai makan, kemudian pertunjukan seni bukan asusila," pungkas Roni.

Sementara itu Humas The Park Mall, Christina belum banyak berani berkomentar terkait Holywings Solo Baru tersebut.

"Itu masih nunggu surat resminya yang dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terkait PBGnya keluar. Kalau PBGnya keluar nanti kita proses lebih lanjut sih. Rencana pembangunan sudah dari tahun ini, cuma progres sambil kita ngurus," pungkasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar