FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Persiapan Idul Adha Pasar Hewan Klaten Dibuka Kembali

KBRN, Klaten: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membuka kembali kegiatan pasar hewan mulai Rabu (29/6/2022). Kebijakan tersebut diambil dalam rangka menyambut pelaksanaan hari raya kurban Idul Adha dua pekan mendatang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani saat pencanangan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Selasa (28//6/2022). 

Sebelumnya Pemkab Klaten menutup operasional seluruh pasar hewan sebagai langkah pencegahan penyebaran PMK antar ternak, khususnya sapi dan kambing yang biasa diperjualbelikan di pasar hewan.

“Dalam rangka persiapan Idul Adha, pasar hewan di Kabupaten Klaten kembali dibuka. Sehingga masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban tidak kesulitan mencari hewan kurban dan tercukupi dari peternak lokal,” ungkapnya.

Meski kembali dibuka, Sri Mulyani menegaskan hewan ternak dari luar Klaten masih tidak boleh masuk untuk diperjualbelikan di wilayah Kota Bersinar. Bahkan hewan dari peternak lokal pun harus lolos skrining oleh tim veteriner Kabupaten Klaten.

“Pembatasan ada bahwa hewan yang dari luar Klaten kami batasi tidak boleh masuk, jadi kita maksimalkan hewan yang ada di Kabupaten Klaten saja. Tim dari DKPP Klaten melihat kondisi hewan ternak yang akan masuk ke pasar, apakah baik atau tidak. Kalau kondisinya tidak baik,maka tidak diperbolehkan masuk pasar,” jelas Bupati.

Diberitakan sebelumnya, Polres Klaten bersama Pemkab Klaten melaksanakan penutupan sejumlah pasar hewan di wilayah Kabupaten, Rabu (25/5/2022).

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo menjelaskan bahwa penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Klaten nomor 524/283/26 terkait pengendalian Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang menyerang hewan ternak. Penutupan dilakukan selama 14 hari mulai dari tanggal 25 Mei sampai dengan 7 Juni 2022, sebelum akhirnya diperpanjang kembali.

"Kemarin kami rapatkan dengan Forkompinda dan Ibu Bupati mengambil keputusan untuk sementara ini, di 7 titik pasar mulai hari ini di off-kan dulu," ungkap Kapolres AKBP Eko Prasetyo kepada media di Mapolres, Rabu (25/5/2022).

Menurut Kapolres, 7 pasar yang dilakukan penutupan adalah Pasar Hewan Prambanan, Pasar Hewan Wedi, Pasar Hewan Pedan, Pasar Hewan Cawas, Pasar Hewan Bayat, Pasar Hewan Plembon dan Pasar Hewan Jatinom. Tindakan yang akan diambil oleh petugas gabungan adalah melakukan penutupan dan pengawasan bersama di lokasi pasar hewan di wilayah masing-masing.

"Takutnya nanti pasarnya ditutup tapi jualannya pindah lokasi ini yang harus diantisipasi. Karena tadi pagi sudah ada di Prambanan. Pasarnya ditutup tetapi ada yang geser di tempat lain. Tadi kami sudah menghimbau dan Alhamdulillah mereka mengerti dan kembali ke rumah masing-masing," jelas Kapolres. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar