Sertijam Haji, PJ Walikota Salatiga Ungkap Cara Gugurkan Dosa-dosa Saat Berhaji

KBRN, Boyolali: Sejumlah 359 jemaah calon haji Kloter 37 meliputi dari Kabupaten Semarang 177 orang, Purworejo 90 orang dan Kota Salatiga 89 jemaah ditambah 4 petugas hari ini Selasa (28/6/2022) masuk Embarkasi Solo. 

Kedatangan kloter 37 ini istimewa karena diantar langsung oleh masing-masing kepala daerahnya. Seperti jemaah Semarang diantar langsung Wakil Bupati Semarang HM Basari, Purworejo didampingi Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, sementara dari Salatiga diantar langsung Pj Walikota Sinoeng Sinoeng Noegroho Rachmadi.

Saat serah terima jemaah (Sertijem) haji, Walikota Salatiga Sinoeng Noegroho Rachmadi berpesan pentingnya menjaga kekompakan seluruh rombongan. Meskipun satu kloter dari tiga daerah yang berbeda harus rukun dan menjaga kebersamaan. 

"Yang terpenting jaga kesehatan, jaga kekompakan. Ikuti petunjuk para petugas haji," pinta Sinoeng di hadapan ratusan jemaah haji di Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan.

Menurut Sinoeng, kebersamaan tidak hanya antar jemaah. Tetapi mereka yang berangkat suami istri agar selalu bersama saat beribadah maupun dalam kegiatan lain karena ini dianjurkan.

"Yang berkesempatan ibadah haji dengan suami istri (pasutri), jangan lupa istrinya digandeng, digandeng betul pak. Kyai saya mengingatkan, Gus gegarane wong akrami kui yen mlaku ya gandengan tangan jari-jarine diraketke. Supaya apa yi? supaya dosa-dosa masa lalu itu runtuh dari sela-sela jarinya. Hadist Soheh," tandas Sinoeng.

Sinoeng juga mengatakan dalam kesempatan melaksanakan rukun haji seperti towaf, dan Sai, tetap bergandengan. Menurutnya keutamaan dari menggandeng isteri saat berhaji itu dimudahkan urusan dunia dan akhirat.

"Digandeng bu ayo bareng, biar cintanya itu benar-benar cinta seperti yang dilafaskan melalui Shalawat Rosulullah. Supaya yang punya anak cucu dilancarkan segalanya, biar mereka juga segera bisa menyusul haji," terangnya.

Adapun kloter 37 ini akan diberangkatkan ke tanah suci pada Rabu (29/6) pukul 03.50 WIB. Sementara Rabu ini kloter 36 dari Pemalang, Magelang dan Semarang diterbangkan ke tanah suci pada pukul 18.15 WIB. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar