Sosialisasi Migrasi TV Analog ke Digital, Kemenkominfo Gelar Ketoprak di RRI Surakarta

Sosialisasi Migrasi TV Analog ke Digital, Kemenkominfo Gelar Ketoprak di RRI Surakarta.

KBRN, Surakarta: Gelaran Ketoprak Humor Gung Geeer di RRI Surakarta, Sabtu (25/6/2022) mengambil lakon Suminten Edan, mengundang beberapa pejabat negara. Mereka diantaranya adalah Rosarita Niken Widiastuti, Staf khusus Menkominfo; I Hendrasmo, Direktur Utama LPP RRI; Serta Dewan Pengawas LPP RRI dan TVRI.

Dalam pagelaran ini, mereka beradu akting dengan seniman RRI Surakarta. Direktur Utama LPP RRI, I Hendrasmo saat dikonfirmasi menyampaikan jika penampilan ini merupakan pengalaman pertama kalinya bermain kethopak. Meski tidak banyak persiapan, Hendrasmo hanya membaca dan memahami naskah yang akan dibawakan.

"Sebetulnya tidak banyak persiapan, hanya membaca naskah saja, dan ikut gladi. Ini pertama kalinya main ketoprak," jelas Hendrasmo.

Hendrasmo ini juga mengapresiasi kegiatan budaya di Surakarta yang merupakan salah satu pertunjukan rakyat yang senantiasa menarik masyarakat dan harus terus dilestarikan. Untuk terus mengangkat kearifan lokal. 

"Saya harap kita tetep bisa melakukan secara cermat, secara jeli dan waspada. Untuk menghindari siapa tahu ada gelombang covid berikutnya. Tetapi kita berharap akan terbuka terus, sehingga seniman bisa memainkan peran dalam kegiatan. Pelaku seni terus berjalan," harapnya.

Sementara itu, Staf khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan selain sebagai sarana nguri-uri budaya, juga untuk sosialisasi transisi penyiaran televisi digital. Dirinya menyebut pada 2 November mendatang, seluruh tv analog disetop dan diganti menjadi tv digital. Tidak perlu beli TV baru, tetapi hanya menambahkan alat berupa Set Top Box (STB).

"Tidak usah beli TV baru, tetapi hanya perlu menambah Set Top Box. Jadi nanti kita sudah bisa menangkap siaran TV digital. Tidak ada semut, suara jernih, dan siarannya banyak,"

Niken menambahkan, pemerintah akan memberikan bantuan alat STB secara gratis yang akan dikirim langsung ke alamat rumah bagi keluarga miskin. Sementara itu, Pada gelaran ketoprak humor gungger suminten edan ini menceritakan tentang kepedulian dari rakyat dan pemerintah. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar