Banyak Vandalisme di Fasilitas Umum, Gibran Akan Pasang CCTV

Walikota Surakarta Gibran mengecat vandalisme di Flyover Purwosari.

KBRN, Surakarta: Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membersihkan vandalisme di flyover Purwosari, Laweyan, bersama dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rombongan mider praja, Jumat (24/6/2022). Langkah tersebut dilakukan dalam program Gerakan Bersama Gempur dan Lawan Vandalisme.

Gibran langsung mengambil cat warna putih serta kuas dan langsung mengecat vandalisme di tembok flyover Purwosari. Hal itu kemudian diikuti Satpol PP dan Linmas untuk ikut mengecat vandalisme yang memenuhi tembok dan terowongan flyover.

“Mengko diilangi (vandalisme) dewe. Kalau tertangkap kita berikan sanksi,” ujar Gibran.

Gibran mengatakan saat ini akan fokus dulu dalam membersihkan vandalisme. Mengingat vandalisme merusak keindahan Kota Surakarta.

“Yang jelas kita bersihkan dulu. Kebanyakan di flyover (sasaran vandalisme),” tegas dia.

Ditanya terkait antisipasi agar lokasi yang telah dibersihkan tidak dijadikan sasaran vandalisme, putra sulung Presiden Jokowi menegaskan akan menambah CCTV.

“Kita akan tambah CCTV dipasang di tempat yang rawan terjadi vandalisme,” imbuh dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolresta Surakarta, Ade Safri Simanjuntak meminta masyarakat untuk menjaga dan memelihara fasilitas umum yang ada di kota Surakarta. Sebab tindakan Vandalisme dapat merusak estetika dan tata kota.

" Kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk sama-sama mari kita menjaga lingkungan kita, fasilitas umum kita, agar bersih dengan aksi kegiatan Vandalisme yang pada ujungnya mengganggu pemandangan dan merusak estetika dari tata kota yang ada di kota Surakarta ini," jelasnya. 

Terkait dengan proses hukum, pihaknya masih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif. Akan tetapi, jika dari tulisan atau tindakan Vandalisme berupa coretan di fasilitas umum itu mengandung unsur SARA, mengancam persatuan, maka pihak kepolisian tak segan akan memproses hukum. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar