Renovasi Jembatan Mojo Ditarget Rampung Lebih Cepat

KBRN, Surakarta: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo memastikan pengerjaan Jembatan Mojo Pasarkliwon rampung lebih awal dari target yang ditentukan. Hal ini berkaitan dengan penundaan perbaikan Jembatan Jurug lantaran waktu pelaksanaan yang bersamaan dengan perbaikan Jembatan Mojo. 

"Awalnya kami komunikasi dengan kontraktor agar menunda pelaksanaan perbaikan Jembatan Jurug karena bersamaan dengan Perbaikan Jembatan Mojo. Dari usulan mundur enam bulan yang kami sodorkan mereka hanya bisa mundur tiga bulan karena masa pengerjaannya juga mepet," kata Kepala DPU-PR Solo Nur Basuki Kamis (23/6/2022).

Beberapa waktu ini DPU-PR bersama Komisi III DPRD Surakarta mendatangi Kementerian PU-PR sebagai lanjutan koordinasi terkait usulan penundaan pembangunan Jembatan Jurug. Hasil dari pertemuan dengan kontraktor itu mengharuskan perwakilan Pemkot Surakarta untuk melakukan koordinasi langsung dengan Kemen PU-PR selaku penanggungjawab proyek perbaikan Jembatan Jurug itu.

"Karena itu diarahkan langsung berkoordinasi dengan Kemen PU-PR yang terlibat langsung dalam perbaikan Jembatan Jurug. Dari hasil pertemuan dengan Kemen PU-PR kemarin juga belum ada putusan," lanjut Nur Basuki.

Lanjut Basuki, bahwa pihaknya diminta oleh Kemen PU-PR agar lebih cepat dalam penyelesaian perbaikan Jembatan Mojo. 

Pemkot Surakarta diharapkan mampu rampung lebih awal dari batas akhir pengerjaan maksimal di akhir Desember 2022 mendatang. 

"Perbaikan Jembatan Mojo ini anggarannya Rp 29,9 Miliar dari Dana Bantuan Gubernur, Dana Alokasi Khusus (DAK), dan APBD Kota Surakarta Tahun 2022. Saat ini proses lelang, pekan depan mungkin perbaikan pondasi dan bantalan jembatan bisa dikerjakan. Namun untuk perbaikan plat baja lantai jembatan perlu proses karena ada masa fabrikasi, proses ini yang sedang kami percepat," jelas dia.

Untuk persoalan plat baja untuk lantai Jembatan Mojo, pihaknya sempat menghubungi pihak produsen (pabrik) namun masa pembuatan plat baja itu tetap membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. 

Estimasinya September plat baja itu baru akan siap dipasang. "Ya kita upayakan, perkiraannya pasang lantai itu baru September. Batas akhirnya kan Desember, ya semoga bisa selesai lebih awal," papar dia. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar