Bangun Jogging Track dan Pusat Kuliner, Ruang Hijau Stadion Manahan Dikepras 5 Meter

Gambar desain penataan kawasan Selter Stadion Manahan Solo sisi barat yang dilengkapi dengan pusat jajanan dan Jogging Track. Dok DPU-PR Surakarta.

KBRN, Surakarta: Pemkot Surakarta tahun ini melakukan penataan kawasan Stadion Manahan Solo. Pemkot membangun pusat kuliner ala food court jogging track di sepanjang jalan KS Tubun dan Jogging Track di jalan Menteri Supeno. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Solo Nur Basuki mengatakan proyek pembangunan Selter Manahan saat ini, sudah proses lelang. Pembangunan Selter Manahan telah dianggarakan melalui APBD sekitar Rp 15 miliar. 

"Anggaran Rp 15 miliar. Mungkin bulan depan kita masuk. Lelang proyek sudah berjalan, selesai ya tahun ini juga," kata Nur Basuki Jumat (27/5/2022).

Pembangunan selter di kawasan itu akan memangkas ruang hijau di Stadio Manahan di sebelah barat sekitar 5 meter. Pengepresan itu untuk memperluas pusat kuliner dan jogging track. Sehingga lebarnya menjadi 15 meter dari jalan KS Tubun.

"Sebelah barat ada selter ada tempat makan food court, kemudian di depan selter itu ada jogging track. Baru tempat parkir. Nanti masuk ke lahan stadion 5 Meter. Kalau sekarang exsisting 11-12 meter," beber mantan Kabid Bina Marga DPU-PR Solo itu.

Berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Pemkot Surakarta, setidaknya ada 132 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di Selter Manahan. Mereka terpaksa tak berjualan atau berpindah tempat sementara hingga enam bulan selama Selter Manahan dibangun kembali.

Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi mengatakan setelah selter selesai dibangun pedagang akan masuk lagi dengan konsep berjualan yang berbeda karena disiapkan pusat jajanan seperti food court.

"Setelah proyek selesai pedagang akan diundang lagi untuk bisa masuk dengan konsep berjualan yang baru. Nanti tidak boleh bawa kursi kayu sendiri, tidak boleh cuci piring sembarangan," kata Heru. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar