FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Putus Mata Rantai Penularan PMK 7 Pasar Hewan Ditutup, Petugas Gabungan Siaga

Warga melintas di depan pintu gerbang Pasar Hewan Prambanan yang ditutup oleh Pemkab dan Kepolisian sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku pada sapi.
Kondisi Pasar Hewan Prambanan lengang setelah ditutup oleh Pemkab Klaten.

KBRN, Klaten: Jajaran Polres Klaten bersama instansi terkait melaksanakan penutupan sejumlah pasar hewan di wilayah Kabupaten, Rabu (25/5/2022).

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo menjelaskan bahwa penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Klaten nomor 524/283/26 terkait pengendalian Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang menyerang hewan ternak. Penutupan dilakukan selama 14 hari mulai dari tanggal 25 Mei sd 7 Juni 2022.

"Kemarin kami rapatkan dengan Forkompinda dan Ibu Bupati mengambil keputusan untuk sementara ini, di 7 titik pasar mulai hari ini di off-kan dulu," ungkap Kapolres AKBP Eko Prasetyo kepada media di Mapolres, Rabu (25/5/2022).

Menurut Kapolres, 7 pasar yang dilakukan penutupan adalah Pasar Hewan Prambanan, Pasar Hewan Wedi, Pasar Hewan Pedan, Pasar Hewan Cawas, Pasar Hewan Bayat, Pasar Hewan Plembon dan Pasar Hewan Jatinom. Tindakan yang akan diambil oleh petugas gabungan adalah melakukan penutupan dan pengawasan bersama di lokasi pasar hewan di wilayah masing-masing.

"Takutnya nanti pasarnya ditutup tapi jualannya pindah lokasi ini yang harus diantisipasi. Karena tadi pagi sudah ada di Prambanan. Pasarnya ditutup tetapi ada yang geser di tempat lain. Tadi kami sudah menghimbau dan Alhamdulillah mereka mengerti dan kembali ke rumah masing-masing," jelas Kapolres. 

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten Widianti mengatakan penutupan dilakukan untuk memutus matai rantai penularan PMK. 

"Dari identifikasi yang dilakukan teejadinya penularan itu saat terjadi jual beli di pasar. Untuk mencegah itu maka dilakukan penutupan," kata Widianti kepada wartawan saat memantau di pasar hewan Prambanan Klaten. 

Dia menyebutkan kasus PMK di Kabupaten Klaten sebanyak 6 ekor sapi yang tersebar di enam Kecamatan. Sedangkan untuk suspact sebanyak 68 ekor. 

Sementara itu, terpantau dari Pasar Hewan Jatinom dan Prambanan petugas gabungan Polsek, Koramil Satpol PP dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan penjagaan di pintu masuk pasar. Penjagaan ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya pedagang dan hewan ternak ke pasar tersebut. 

Penjagaan yang dilakukan petugas gabungan membuat kondisi di dalam pasar hewan itu sepi.

 Di Pasar Jatinom terlihat beberapa pedagang yang duduk-duduk di luar pasar, melihat suasana sambil ngobrol dengan sesama pedagang. Sempat ada 1 mobil pickup membawa kambing yang melintas di depan pasar, dan tidak jadi masuk begitu melihat penjagaan petugas. Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar