Kelonggaran Penggunaan Masker, Pemkab Wonogiri Masih Menunggu Regulasi Dari Pemerintah Pusat

KBRN Wonogiri :  Pemkab Wonogiri belum mengubah kebijakan penggunaan masker di tempat terbuka.

Masyarakat Kabupaten Wonogiri masih diwajibkan mentatai protokol kesehatan termasuk menggunakan masker meski di tempat terbuka.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, hingga saat ini Pemkab Wonogiri masih menunggu aspek teknis [tentang pelonggaran penggunaan masker di tempat terbuka].

Artinya, Pemkab masih menunggu regulasi tertulis yang diterbitkan pemerintah pusat. Oleh karena itu pemkab Wonogiri masih memberlakukan kebijakan penggunaan masker, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Menurut Jekek, sapaan akrab Joko Sutopo, regulasi tetulis yang diterbitkan pemerintah pusat akan dijadikan sebagai dasar kebijakan.

“Sebelum ada surat edaran resmi tentang pelonggaran penggunaan masker di tempat terbuka, Pemkab Wonogiri masih mengacu pada aturan yang selama ini masih berjalan. Khususnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan covid-19,” ujar Jekek kepada wartawan Sabtu (921/05/2022).

Lebih lanjut Bupati Wonogiri Jekek juga mengatakan saat regulasi dari pusat mengizinkan pelonggaran seluruh aktivitas sosial publik dan sosial budaya, maka pihaknya akan menjalankannya.

Karena itu Jekek tidak akan berspekulasi tentang peraturan penggunaan masker.

“Pemkab Wonogiri akan melaksanakan kebijakan berdasarkan regulasi yang ada, baik itu yang diterbitkan pemerintah pusat atau provinsi Jawa tengah,” cetusnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah mengizinkan masyarakat tidak memakai masker di ruang terbuka. Keputusan itu disampaikan pada saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Bagi masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, diperbolehkan untuk tidak memakai masker. Sedangkan untuk kegiataan di dalam ruangan dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker.

Sementara bagi masyarakat yang masuk dalam kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, tetap disarankan menggunakan masker saat beraktivitas. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar