Corona Melandai, UMKM Wonogiri Diprediksi Bakal Bangkit

KBRN Wonogiri : Meski sempat diterjang pandemi corona, masa depan UMKM Wonogiri diprediksi bakal bangkit.

Sementara, Pemkab saat ini mencari produk UMKM dari Wonogiri yang akan dibawa ke pameran UMKM di Amerika.“Ketika Covid-19 terkendali, maka UMKM di Wonogiri akan tumbuh dan berkembang,” kata Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, Sabtu (21/05/2022).

Menurut Wabup, terkendalinya Covid-19 juga bakal berdampak pada pulihnya sendi-sendi ekonomi. Ketika corona sudah melandai, roda UMKM bakal makin tumbuh subur.“Ekonomi kita kan terus tumbuh. Kita lihat potensi berkembangnya bakal lebih tinggi,” ujarnya.Tak dipungkiri Wabup, ada sangat banyak UMKM yang ada di Wonogiri. Baik yang bergerak di bidang fashion, makanan dan lain sebagainya. Dengan adanya sejumlah pelonggaran yang sudah dilakukan UMKM bakal bangkit.

“UMKM kita kan sangat banyak. Contohnya saja batik Wonogiren yang khas Wonogiri. Nah ini ke depan sangat berpeluang menembus pasar nasional maupun internasional. Kita lihat jejaringnya juga sudah ada,” katanya.

Terpisah, Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Wonogiri, Sunan Finijie mengatakan, bersamaan dengan sejumlah pelonggaran yang sudah dilakukan di masa pagebluk ini, ada UMKM bakal berkembang.

Pihaknya mengaku melihat adanya geliat ekonomi cukup signifikan di saat momentum lebaran tahun ini. Banyak masyarakat berbelanja produk UMKM. Sehingga momentum ini adalah awal kebangkitan UMKM di Wonogiri.

Sunan menambahkan, dalam memperingati Hari Jadi Wonogiri ke-281, BPC Hipmi Wonogiri juga menggelar bazar UMKM. Selepas bazar, diharapkan UMKM makin bergairah.

“Dengan begitu UMKM bisa tumbuh dan kembali normal. Kita juga bersama Hipmi Jawa Tengah juga mencari produk UMKM Wonogiri yang bisa kita bawa ke Amerika untuk pameran UMKM disana,” tandasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar