Majukan Industri se-Solo Raya, Pengusaha Gelar Forum Industri Solo Raya

Majukan Industri se-Solo Raya, Pengusaha Gelar Forum Industri Solo Raya.

KBRN, Surakarta: Forum Industri Solo Raya, Kamis (19/5/2022) digelar di Hotel Sahid Jaya. Forum tersebut merupakan sarana untuk menjalin koordinasi dan menyatukan langkah, memajukan dan melindungi industri dalam negeri khususnya di wilayah Solo Raya. 

Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa saat membuka kegiatan mengatakan, forum dialog antar industri se Solo Raya digelar bertujuan memajukan industri se Solo Raya sesuai dengan arahan Walikota. Bahwa tidak hanya memajukan wisata Solo Raya saja namun juga bidang industri. Wawali mengajak seluruh kepala derah untuk duduk bersama serta aktif mendorong dan menfasilitasi para UMKM untuk go-export.

“Ini ide yang bagus seperti idenya Bapak Walikota bahwa kita harus mulai menggandeng produk – produk lainnya dari industri sebagai embrio supaya OPD – OPD lainnya juga mulai mengembangkan upaya memajukan seluruh wilayah di Solo Raya berkembang maju bersama dan tidak ada yang tertinggal namun saling terkait dan memajukan,” terang Teguh.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Wahyu Kristina mengungkapkan, selama ini belum ada forum yang bisa mewadahi antar industri di wilayah Surakarta dan sekitarnya. Sehingga Forum Industri Solo Raya mulai diinisiasi dan digelar pertama kali. 

“Karena intensitas dialog sangat mempengaruhi pemecahan masalah dalam memajukan industri se Solo Raya dus bisa saling mendukung dan melengkapi untuk percepatan pemulihan ekonomi. Ada pentaheliks, keterlibatan pemerintah, pelaku usaha ( industri ), akademisi, asosiasi ( organisasi dan ada media,” katanya.

Ina menilai implementasi kerjasama semua jenis industri harus segera diwujudkan dari forum tersebut. Karena wilayah Solo Raya saling membutuhkan dan dalam sejarahnya, wilayah eks Karisidenan Surakarta yang saling berkaitan.

“Harus ada sinergi kalau mau maju. Dari hasil diskusi kita diharapkan muncul rekomendasi dan ada solusi untuk mengatasinya.”

Forum Industri Solo Raya melibatkan OPD yang membidangi perindustrian se Solo Raya, Hipmi, Kadin, Gapeksindo, Iwapi, Apindo dan asosiasi industri lainnya. Ada pula sentra indusri yang hadir di antaranya sentra sangkar burung, sentra kain perca, sentra meubel dan sentra batik se Solo Raya. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar