Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Ini Rekayasa Lalin di Kota Solo

Kapolresta Surakarta Kombespol Ade Safri Simanjuntak. Dok RRI

KBRN, Surakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar pernikahan adik kandungnya, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Akad nikah dan resepsi pernikahan dilaksanakan Kamis 26 Mei 2022 di gedung Graha Saba Buana, Kecamatan Banjarsari, Solo. 

Selama berlangsungnya acara tersebut akan diberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Mulai dari simpang Giri Mulyo sampai Masjid Mujahidin, Banyuanyar.

Bahkan Polresta Surakarta akan menutup akses kendaraan umum masuk ke lokasi acara Gedung Graha Saba di Jalan Letjen Suprapto. 

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Simanjuntak mengatakan rekayasa lalin akan dilakukan saat pernikahan Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman. Rekayasa lalin dimulai dari simpang Girimulyo. Hal itu dilakukan untuk kurangi beban lalin di depan Gedung Graha Saba sepanjang atau lokasi acara pernikahan. 

"Simpang Girimulyo untuk kendaraan berat kita diarahkan lurus ke Terminal Tirtonadi (Jalan Ahmad Yani). Kemudian ke kiri jembatan tugu Keris sampai ke Palang Joglo. Kita akan berlakukan on way (satu arah) dari selatan ke utara mulai simpang 3 (sate dahlan sampai sepanjang jalan Letjen Suprapto," kata Kombespol Ade Safri di Balaikota Jum'at (20/5/2022).

Rekayasa lalin lainnya adalah kendaraan kecil yang akan menuju ke arah Letjen Suprapto diharuskan belok kanan ke arah Jalan Ki Mangun Sarkoro tembus simpang 5 kompalang.

Kepala Dinas Perhubungan Surakarta Hari Prihatno mengatakan ada 8 kantong parkir yang disiapkan untuk 800 tamu undangan. 

"Menyediakan 8 kantong parkir untuk mobil tamu undangan. Di antaranya lahan kosong samping Graha Sabha, lahan sekolah dan belakang SPBU," ujar Hari.

Tamu undangan nantinya harus sistemnya drop in. Jika acara selesai penjemputan tamu undangan bisa dilakukan oleh driver.

"Sistemnya drop in juga diberlakukan agar tidak terjadi crowded kendaraan di Gedung Graha Saba. Semua pengantar hanya sampai di drop in pagar pintu masuk Graha Saba, tamu undangan turun dan kendaraan masuk kantong parkir," jelas dia. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar