Tinjau Proyek Tirtamas Waterpark, Gibran Kecewa Progres Lambat

Tinjau Proyek Tirtamas Waterpark, Gibran Kecewa Progres Lambat.

KBRN, Surakarta: Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menghadiri peninjauan lapangan pembangunan Tirtamas Waterpark di kecamatan Jebres, Selasa (17/05/2022). Walikota hadir bersama dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surakarta. 

Dalam kunjungannya, Gibran berkeliling melihat progres pembangunan Waterpark yang sudah dimulai sejak peletakan batu pertama pada Juli 2020. Akan tetapi dirinya merasa kecewa dengan pembangunan wahana rekreasi air dengan nilai investasi Rp 50 miliar itu yang tidak kunjung rampung. Meskipun dikerjakan dengan dua tahap, sampai dengan saat ini, pembangunan tahap pertama belum menunjukkan hasil maksimal. 

"(Kecewa) lha ra rampung-rampung, ya proses (pembangunan) tapi lambat. Makanya mau tak oyak-oyak. Kalau tadi penegasan dari direkturnya tadi Pak Mulyono fase satu Desember 2022 selesai. Lagi separuh loh," kata Gibran kepada wartawan.

Meski demikian, Gibran tetap optimistis pembangunan Tirtamas Waterpark untuk tahap pertama selesai pada Desember 2022. Sementara untuk menyelesaikan tahap kedua masih menunggu satu tahun pembangunan. Karenanya, Gibran meminta kepada pihak investor yakni PT Artha Tirta Mulia untuk segera menyelesaikan pembangunan tahap pertama.

"Menunggu setahun lagi untuk penyelesaikan sampai 100 persen," terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Artha Tirta Mulia, Mulyono Sadeli mengatakan kendala yang dihadapi selama pembangunan karena kontur tanah turun sampai 17 meter. Mulyono menambahkan pembangunan fase pertama terus bejalan. Pembangunan fondasi untuk wahanan rekreasi air sudah dilakukan. 

"Karena kolam renang itu kan harus datar. Sehingga kita harus membuat trap-trap. Awalnya masih hutan dulu. Jadi kami masuk sini itu belum land clearing. Kemarin hujan terus. Fondasi itu agak terhambat karena hujan. Sehingga sangat kesulitan dengan kondisi hujan. Dan pekerjaan kolam renang ini semua di bawah tanah. Itu kesulitannya. Jadi kesulitannya di teknis. Karena ada kontur tanah yang diperbaiki," kata Mulyono.

Pihaknya optimis pembangunan fase pertama selesai pada Desember 2022. "Karena kami dengan pihak kontraktor mereka menjanjikannya lima bulan selesai. Sekarang bulan Mei. Masih punya tenggang waktu," ungkapnya.

Tirtamas Waterpark ini akan menghadirkan beberapa wahana permainan seperti kolam arus, menara luncur, kolam splash, serta wahana-wahana lainnya. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar