Lomba Kelurahan se-Kota Surakarta, 5 Kelurahan ini Rebutkan Juara Pertama

Lomba Kelurahan se-Kota Surakarta, 5 Kelurahan ini Rebutkan Juara Pertama.

KBRN Surakarta: Lomba Antar Kelurahan se Kota Surakarta tahun 2022 telah memasuki babak final yang melibatkan 5 kelurahan dari 5 kecamatan di Kota Surakarta. Babak final berlangsung di Bale Tawang Arum Balai Kota Surakarta, Selasa (17/5/2022). Peserta terdiri dari peringkat pertama masing – masing kecamatan yakni Kelurahan Kerten ( Kecamatan Laweyan ), Kelurahan Kratonan ( Kecamatan Serengan ), Kelurahan Kauman ( Kecamatan Pasar Kliwon ), Kelurahan Jebres ( Kecamatan Jebres ) dan Kelurahan Setabelan ( Kecamatan banjarsari ).

Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa dalam sambutan sekaligus arahannya mengatakan, Lomba Antara Kelurahan merupakan dasar dalam pemetaan pembangunan di wilayah. Kegiatan ini mampu mendorong potensi yang ada di masing – masing kelurahan. Sekaligus usaha pembangunan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah kelurahan.

“Pemerintah Kelurahan harus berinisiasi dan berinisiatif bersama masyarakat melakukan usaha pembangunan dan pemerataan pembangunan antara lain pembangunan infrastruktur baik swadaya maupun bantuan Pemerintahan Daerah dan Pusat,” jelas Teguh.

Wawali juga meminta para peserta untuk sungguh - sungguh dan berdedikasi dalam bersaing menjadi yang terbaik. Sehingga dapat mendorong pemerintah kelurahan bersama masyarakat untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya.

“Kita harus mampu mewujudkan kelurahan tangguh dan ekonomi masyarakat tumbuh dengan bangkit dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, serta mendorong masyarakat untuk mengenali potensi dan mendorong pembangunan dengan kekuatan sendiri,” tambah Teguh.

Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemerintah Kota Surakarta Gesang Prihanto menjelaskan, Lomba Paparan Kelurahan dimaksudkan untuk mengetahui sekaligus mendorong dan memberi motivasi pemerintah daerah, pemerintah kelurahan, beserta masyrakatnya untuk dapat mengikuti lomba. Sehingga dapat bersaing secara sportif serta positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di kelurahan.

"Tujuan lomba tersebut untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong pemerintah kelurahan bersama masyarakat untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya, mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan bersama masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, untuk mmengetahui capaian yang ada di kelurahan selama kuruan waktu satu tahun dalam mewujudkan kualitas hidup masyarakat kelurahan serta spek penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan serta kemasyarakakatan, sebagai wadah apresiasi dari Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah berupa penghargaan kepada pemerintah kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memanirikan dan mensejahterakan kelurahan," jelas Gesang.

Ruang lingkup Lomba kelurahan meliputi evaluasi bidang pemerintahan, evaluasi bidang kewilayahan, evaluasi bidang kemasyarakatan. Lomba kelurahan untuk mewujudkan hasil pembangunan yang dilaksanakan masyaraat dan kelurahan dalam kurun waktu satu tahun terakhir dalam wujud peningkatan kualitas kehidupan politik, ekonomi, sosial-budaya, keamanan dan ketertiban berdasarkan data dan realita pembangunan sejak bulan Januari sampai Desember 2021 dengan pembanding hasil pembangunan 2020. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar