Usai 2 Tahun Vakum, Ribuan Masyarakat Solo Tumpah Ruah Meriahkan Hari Pertama CFD

KBRN, Surkarta: Ribuan warga tumpah ruah saat ikut memeriahkan giat Car Free Day (CFD) di kota Surakarta, Minggu (15/5/22).

Pantauan RRI, giat CFD dimeriahkan berbagai kegiatan mulai dari senam pagi, panggung musik akustik, serta giat jual beli perekonomian Pedagang Kaki Lima. Rata-rata masyarakat banyak yang memenuhi di ruas jalan Slamet Riyadi Solo.

Beberapa warga ada yang memilih untuk ikut senam pagi maupun sekedar jajan di sepanjang area CFD.

Salah satu pengunjung, warga Nusukan, Wuri Handayani mengaku sangat senang bisa kembali menikmati suasana Car Free Day setelah hampir 2 tahun libur. ia mengaku sering menghabiskan waktu akhir pekannya bersama dengan keluarga untuk mengujungi area CFD.

"Seneng, kesini sama suami, dulu sering ikut CFD, jajan aja sambil jalan-jalan. Kalo gini kan PKL bisa jualan lagi, bisa pada nambah penghasilan," katanya.

Terpisah, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku, masih banyak hal yang perlu dievaluasi dari penyelenggaraan pertama CFD. Gibran menyoroti masih adanya PKL yang berjualan di luar zonasi yang ditetapkan.

"Ada PKL yang diluar zonasi, ada yang cuci piring di tempat. Tempat sampah kurang, toilet portablej uga perlu ditambah," ujarnya.

Lebih lanjut, Gibran menyebut, masih banyak masyarakat yang berkegiatan hanya di area CFD jalan Slamet Riyadi, padahal panjang area CFD sudah diperluas hingga depan Balaikota Surakarta. Maka nantinya, masyarakat akan didorong untuk juga berkegiatan di area CFD Benteng Vesternburg dan Galabo.

"Sama yang di Vasternburg masih sepi. Besok kita dorong semua kesana," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar